Minggu, 10 Oktober 2010

XIAOBO BEBAS DI MINTA AS

News publik :

NOBEL

charter08.eu
Foto Liu Xiaobo, pembangkang China yang dipenjara. Komite Nobel Norwegia, Jumat (8/10), mengumumkan, Liu meraih perhargaan Nobel Perdamaian 2010.
Setelah berbagai belahan dunia mendesak pemerintah China membebaskan aktivis Liu Xiaobo, AS pun ikut ambil bagian. Sebagaimana catatan AP dan CNN pada Jumat (8/10/2010), Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton yang meminta hal itu bagi peraih Nobel Perdamaian 2010 tersebut.

Obama dan Clinton mengatakan hukuman penjara untuk Xiaobo menunjukkan reformasi politik tidak secepat laju kemajuan ekonomi di China. "China memang mencatat kemajuan besar di bidang ekonomi dalam tiga dasawarsa terakhir. Namun kemajuan ini tidak diimbangi dengan reformasi politik," kata Hillary Clinton.

"Kami mendesak China melakukan kewajiban-kewajiban HAM internasional dan menghormati hak asasi semua warga di China," ujar Hillary.

"Kami ingin kembali menyerukan agar Liu Xiaobo secepatnya dibebaskan," tegasnya lagi .

Pemerintah China marah dengan penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini dan menyebut Liu Xiaobo sebagai penjahat dan memanggil duta besar Norwegia di Beijing sebagai bentuk protes.

Penghargaan untuk Xiaobo diberikan oleh Komite Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia yang menilai Xiaobo sebagai simbol perjuangan hak asasi manusia di China.

Liu Xiaobo dijatuhi hukuman penjara 11 tahun Desember tahun lalu setelah menerbitkan piagam reformasi politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar