Senin, 11 Oktober 2010

BENTUK TUBUH WANITA WARISAN ORANG TUA

News publik :


Ilustrasi tubuh perempuan
Bentuk tubuh seorang wanita, apakah itu "apel" atau "pir", adalah warisan dari orangtua. Demikianlah hasil temuan terbaru.


Riset para ahli di Universitas Oxford dan Medical Research Council (MRC) Epidemiology Unit Cambridge Inggris menyimpulkan, bentuk tubuh wanita lebih banyak dipengaruhi oleh beragam faktor genetik. Kesimpulan itu adalah hasil kajian terhadap DNA dari sekitar 250.000 responden.

Dalam temuannya, para ilmuwan mengidentifikasi 13 kelompok gen yang berkaitan dengan kecenderungan bahwa tubuh menyimpan lemak di sekitar perut atau pinggul dan paha. Gen-gen inilah yang memengaruhi perbedaan bentuk tubuh pada kedua jenis kelamin. Namun, tujuh di antara kumpulan gen itu mengarah pada ciri yang lebih spesifik pada tubuh perempuan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, mereka yang memiliki bentuk tubuh "apel" berisiko lebih besar terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2 daripada mereka yang memiliki bentuk "pir", bahkan setelah mengoreksi indeks massa tubuh (BMI).

Para peneliti mengatakan, temuan ini membuka harapan terciptanya pilihan obat-obat yang lebih aman dalam memengaruhi distribusi lemak tubuh. Dengan begitu, mereka yang punya kecenderungan bentuk tubuh "apel" dapat diubah menjadi bentuk "pir".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar