Jumat, 15 Oktober 2010

PANDUAN MEMILIH WARNA RUMAH

News publik :


panduan-memilih-warna1Pengantar Konsep Warna

Sejauh mana pemahaman anda mengenai warna? Banyak teori dikembangkan oleh para ahli mengenai warna. Para ahli fisika mengaitkan warna dengan cahaya. Para ahli ilmu jiwa mempelajari warna, kesan dan nuansa yang ditimbulkan.

Setiap WARNA memiliki energi dan efek psikologis tersendiri. Jadi pemilihan warna rumah anda akan memberi nuansa dan harmoni tersendiri yang mewakili karakter penghuninya.

panduan-memilih-warna2

MERAH: enerjik, kuat, berani, semangat, penuh tekad, terbuka, mandiri.
JINGGA : hangat, menantang, terang, intelektual, percaya diri.
KUNING : ekspresif, ceria, menggembirakan, menghidupkan, kecerdasan.
HIJAU : natural, menyegarkan, sejuk, keseimbangan, harmoni, tenang.
BIRU : inspirasi, spiritual, bersih, tenang, kalem, sensitive, kepercayaan.
UNGU : idealis, visi, protektif, agung, penyembuhan, magis
PINK : romantis, misterius, menggairahkan, membangkitkan minat.
PUTIH : bersih, dingin, steril, formal, fungsional.

Memahami Fungsi Warna pada Rumah Anda

Fungsi pemberi bentuk (struktural), warna dapat berguna untuk menarik perhatian. Warna dapat memisahkan satu bagian dengan bagian lain dari suatu benda atau ruang. Misalnya pewarnaan pada kolom dan balok yang memisahkan ruang-ruang

Fungsi keselamatan dan menjelaskan penggunaan sebuah benda atau ruang. Misalnya warna merah digunakan untuk menandai bagian-bagian berbahaya dari sebuah benda atau ruang pada rumah. Pintu-pintu diberi warna lebih terang sedangkan dinding diberi warna lebih gelap memberi kejelasan kegunaan untuk menunjukan orientasi pergerakan, sedangkan dindingnya tidak.

Fungsi pengantar makna. Warna juga mempunyai daya untuk mengantarkan makna-makna sosial budaya dan efek psikologis yang dipahami memiliki arti-arti tertentu. Pertama, kesan yang menyentuh pandangan seseorang misalnya ada warna yang berkesan panas seperti merah dan jingga, atau dingin seperti biru dan hijau, ada warna-warna berkesan keras seperti merah, coklat, ada warna yang berkesan kuat atau lemah dan sebagainya. Kedua, warna dapat pula memberi makna budaya seperti warna yang berkesan mahal, ada yang berkesan murah, ada warna yang berkesan antik ada yang berkesan modern. Warna-warna gelap yang berkesan keras seperti hitam, biru tua, coklat tua cenderung berkesan laki-laki, jantan. Sedangkan warna-warna lembut seperti merah jambu, hijau muda, krem (coklat-susu muda) cenderung bersifat kewanitaan.

Fungsi pemberi sentuhan keindahan. Kombinasi warna-warna tertentu pada unsur-unsur yang membentuk suatu benda secara keseluruhan menghasilkan suatu gaya tertentu pula. Gaya modern biasanya kombinasikan warna-warna asli meniru warna-warna alam. Pewarnaan satu bagian dinding rumah sebagai pemberi sentuhan keindahan. (sumber foto dari http://www.asid.org)

warna-sentuhan-keindahan

Warna dapat menimbulkan suasana tertentu pada ruang. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kenyamanan adalah pemilihan warna yang tepat pada keseluruhan aspek desain.

Warna yang diterapkan pada ruang-ruang dalam biasanya jenis warna yang menenangkan (soft tones) dan tidak terlalu gelap. Jika ada tampilan warna hard tones, biasanya hanya diterapkan pada satu ruang atau salah satu bidang dinding dengan maksud sebagai pembangkit mood atau mood maker agar kita tetap merasa segar. Dapat pula sebuah warna hard tones diterapkan dengan tujuan menimbulkan atmosfer tertentu pada ruang. Dengan gradasi yang tepat dan flow yang seimbang, warna tersebut dapat tampil harmonis.

Aplikasi warna dalam ruang dalam rumah sebagai mood maker. (sumber foto

warna-sbg-mood-maker

Panduan Memilih Warna Rumah

Dalam proses membangun rumah, Anda pasti memiliki pilihan warna favorit tersendiri yang ingin anda aplikasikan ke dalam ruangan rumah, baik ruang dalam maupun ruang luar rumah. Masalahnya kita kadang bingung untuk memadukan beberapa warna agar terlihat harmonis dan serasi bukan? Berikut panduan roda warna yang sudah didesain sedemikian rupa, agar anda dapat menggunakannya untuk memilih komposisi warna rumah yang sesuai pada ruangan.

panduan-memilih-warna3

Langkahnya adalah sebagai berikut

  • Pilih salah satu warna
  • Langkahi tiga warna pilihan searah jarum jam. Warna keempat sesudah warna pilihan anda adalah pasangan warna harmonis yang pertama.
  • Langkahi tiga warna pilihan berlawanan dengan jarum jam. Warna keempat sesudah warna pilihan anda adalah pasangan warna harmonis kedua.
  • Jika anda ingin mencari paduan warna yang kontras dengan warna pilihan, warna itu terletak tepat bersebrangan dengan warna pilihan anda.
  • Kemudian anda tinggal memainkan gelap terangnya warna saja. Cukup sederhana bukan?

Sebagai contoh bisa dilihat dalam gambar.
W = Warna Pilihan Anda
W1 = Warna Harmonis 1
W2 = Warna Harmonis 2
WK = Warna Kontras

panduan-memilih-warna4

Bagi pembaca yang ingin tau lebih dalam seputar pemilihan warna rumah, bisa searching google dengan kata kunci Colour Your Home by Hamlyn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar