Sabtu, 05 Juni 2010

KAJIAN POLITIK PILKADA JAMBI DALAM RANAH PERPOLITIKAN JAMBI SAT INI

KAJIAN POLITIK PILKADA JAMBI STRATEGI TEAM SUKSES
komunikasi politik kajian pilkada Jambi “STRATEGI TIM SUKSES EFISIEN & EFEKTIF”
Oleh: TONI SAMRIANTO
LATAR BELAKANG.

Tidak dipungkiri bahwa Pilkada Jambi adalah suatu pristiwa politik, namun proses dan hasil Pilkada Jambi dapat pula dicapai melalui analisis mekanisme pasar dan pendekatan makro-mikro ekonomi. Mensukseskan Pilkada (KPUD) Jambi dan memenangkan Pilkada (kandidat Gubernur Jambi) membutuhkan analisis untung rugi dan kalkulasi ekonomi yang akurat yakni bagaimana mengurangi resiko-biaya sosio-ekonomi dan sosio-politik. Efisiensi penting dalam berbagai bidang baik dalam pelaksanaan Pilkada Jambi(KPU/Desk Pilkada) maupun cara memenangkan Pilkada (kandidat/ koalisi/non koalisi partai pendukung). Tim sukses kandidat Pilkada seharusnya berpikir strategik-efisien bagaimana mengurangi resiko dan meningkatkan keuntungan/manfaat (”to minimize risks and to maximizize profits”). Hal ini diperlukan agar Pilkada dapat dilaksanakan secara efisien bukan sekedar efektif dengan mengurangi beban (”economic burdens”) dibandingkan dengan manfaat politik (”political benefits”). Dua kerugian dan kemubaziran yang timbul pertama pelaksanaan Pilkada Jambi tidak dijalankan dengan efisien dan yang kedua biaya ekonomi dan ongkos politik dari kandidat Gubernur Jambi akan semakin besar.


Pilkada Jambi adalah proses demokrasi yang dapat diukur, dikalkulasi, dan diprediksi dalam proses maupun hasilnya.

Survei merupakan salah satu pendekatan penting dan lazim dilakukan untuk mengukur, mengkalkulasi, dan memprediksi bagaimana proses dan hasil pilkada Jambi yang akan berlangsung, terutama menyangkut peluang kandidat ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER. Sudah masanya meraih kemenangan dalam pilkada Jambi berdasarkan data empirik, ilmiah, terukur, dan dapat diuji.

Sebagai salah satu aspek penting strategi pemenangan kandidat ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER, survei bermanfaat untuk melakukan pemetaan kekuatan politik. Dalam hal ini, tim sukses semestinya membuat survei untuk: (1) memetakan posisi kandidat di mata masyarakat; (2) memetakan keinginan pemilih; (3) mendefinisikan mesin politik yang paling efektif digunakan sebagai vote getter; serta ( 4) mengetahui media yang paling efektif untuk kampanye Yaitu INTERNET: FACEBOOK, BLOG dan WEB.

Tim sukses harus mengandalkan survey untuk menentukan strategi pemenangan kandidat.

Untuk mengetahui bagaimana peta/sebaran dukungan dan preferensi pemilih terhadap ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER berdasarkan aspek: wilayah, usia, jenis kelamin, pekerjaan, agama, afiliasi keagamaan dan organisasi sosial, serta tingkat sosial-ekonomi.

Untuk mengetahui bagaimana tingkat popularitas ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER di masyarakat, baik pada masa pra-kampanye maupun pada masa kampanye menjelang pemilihan.

Melalui survei, tim sukses akan dapat memperkirakan seberapa besar dana yang diperlukan untuk membiayai kampanye.

Melalui survei tim sukses dapat mengemas pencitraan ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER sesuai dengan ideal yang diharapkan pemilih dan dapat menggunakan media kampanye yang tepat.

Untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat sebagai bahan kampanye kandidat dan dapat menyusun program kampanye sesuai kehendak pemilih.

Untuk mengetahui besaran peluang atau probabilitas menang ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER dalam pilkada Jambi.

Sarana ”sosialisasi” kandidat kepada masyarakat.

Survei perlu diadakan minimal 3 kali sebelum hari H pilkada dilakukan

Survei pertama, sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Sebab ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER yang tahu situasi lebih cepat memiliki kemungkinan menang lebih besar. Survei pertama ini digunakan untuk mengukur modal dasar yang dimiliki kandidat dan mengukur harapan masa pemilih. Survei pertama dipakai sebagai dasar pencitraan kandidat, dan strategi pemasaran dan pemenangan ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER.

Survei kedua diadakan 3-2 bulan setelah tim sukses bergerak memasarkan ZULFIKAR-AMI (berkampanye). Survei ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif strategi kampanye yang telah dilakukan.

Survei ketiga diadakan pada saat pelaksanaan kampanye pilkada Jambi. Survei ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif strategi kampanye dan upaya pemenangan yang telah dijalankan. Juga untuk menilai berapa kira-kira perolehan suara ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER dalam pilkada Jambi nanti.

Singkatan Nama ZA-AMI
Orang Jambi lebih cepat mengenal kata atau merek yang terdiri dari dua suku kata. Mirip dengan strategi pembuatan merek yang menganjurkan menggunakan kata sederhana agar mudah diingat, mudah dibaca dan ditulis.
Lantas bagaimana dengan merek yang menggunakan lebih dari dua suku kata? Tentu saja tetap bisa sukses dipasar dengan menggunakan berbagai strategi. Yang pasti effort dan waktu yang digunakan akan berbeda. Sebagai contoh,Zulfikar Achmad Disingkat ZA,Ami Taher Disingkat AMI

Beberapa merek yang panjang menggunakan strategi singkatan agar lebih mudah dikenali dan diingat. Bupati Muaro Bungo Zulfikar Achmad Disingkat ZA,Ami Taher disingkat AMI Jadinya perpaduan namanya disingkat dengan ZA-AMI, Jambi Prima Mall disingkat JPM, PT. Telekomunikasi Indonesia dikenal dengan TELKOM, Excelcomindo disingkat XL, dan lain sebagainya.

Tim Sukses ZULFIKAR-AMI telah memikirkan berbagai strategi untuk menguasai calon pemilih. Termasuk strategi pemilihan singkatan bagi nama ZA-AMI untuk menjadi materi promosi. Konsep memasarkan ZA-AMI adalah personal branding strategy. Karena nama ZA-AMI juga sama dengan merek. Sehingga menjadi penting untuk mempelajari dan meng-implementasi-kan konsep personal branding ini. Perlu diingat bahwa dalam pemasaran, tiada lain bertujuan menciptakan persepsi terhadap merek untuk masuk ke benak pasar (mind share) hingga menguasai hati pemilih (heart share).

Mengapa heart share? Karena para pemilih kita adalah pasar yang rasional dan akan bertindak sesuai dengan hati nuraninya Kecuali Yang Tradisional Yang memiliki satu-satunya wakil Seperti Kerinci Yang Memiliki AMI TAHER.

Imformasi Internet

Pembahasan sekelumit tentang Teknologi Internet terhadap sebuah kekuatan politik, khususnya tentang kampanye. Bisa jadi, hal ini bukan sesuatu yang baru. Pasalnya, pada pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 1944 saja, Franklin D Roosevelt telah menggunakan teknologi yang cangih pada jamannya, yakni Radio, sebagai sarana untuk mensukseskan pemilihannya.
Sementara sekarang Internet sudah merambah Rata kepelosok Jambi Terutama untuk pemilih Pemula.Internet Sebagai Teknologi tercanggih sekarang ini sangat sayang jika tidak di gunakan dan ALHAMDULLILLAH ZA-AMI Sudah lama memakainya.

Saat ini berbagai inovasi dalam berkampanye sudah dilakukan. Berbagai strategi kampanye yang ada di Pilkada Jambi sudah dicoba diterjemahkan dan diimplementasikan oleh ZA-AMI di Jambi ini. ZULFIKAR-AMI telah menggabungkan dan membangun sejumlah perangkat kampanye menjadi satu kesatuan. Melakukan sinergi antara item dan strategi kampanye modern dan tradisional sehingga terbentuk sistem yang cantik dan cerdas. Yang Menjadi kekuatan perjuangan. Item kampanye konvensional. Seperti kaos, spanduk, baliho, stiker, dan lain-lain. Sesuatu yang diharapkan untuk menggairah kan para pemilih berbondong-bondong menuju bilik suara memilih ZA-AMI.

Jumlah daftar pemilih bagi kandidat Gubenur Jambi tentu merupakan data yang sangat penting. Dari data inilah nantinya bisa dijadikan informasi. Dan dari informasi yang ada akan dibuat sebuah pemetaan. Yakni peta untuk mengetahui:
- yang menjadi kekuatan/pendukungnya ZA-AMI
- yang kontra
- yang abstain
- yang mengambang
- yang ragu
- Dan lain-lain.

Pemanfaatan Internet, SMS, Call Centre, Radio daerah, Koran daerah merupakan langkah awal untuk bisa menjaring loyalis, mengenalkan sang kandidat sekaligus melakukan pemetaan awal. Untuk FACEBOOK, khususnya di daerah yang penetrasi INTERNETnya sudah relatif tinggi, dengan melakukan Pendekatan sistem Group dalam Internet bisa membuat kedekatan antara kandidat dan pemilihnya (dengan tema yang mengarah pada sang kandidat, tanpa melakukan black campaign) yang berhadiah menarik,Sayang Hadiah ini tidak di lakukan di Jambi, tentu data yang masuk menjadi point tersendiri bagi sang kandidat. Data inilah yang harus diolah menjadi informasi yang bisa merebut hati dan pikiran calon pemilih. Ini pula peluang/kesempatan sang kandidat untuk bisa menjadikan pertemuan maya menjadi pertemuan nyata.
Interaksi Kandidat dengan pemilih sebenarnya Jauh Lebih mudah dan murah dengan FACEBOOK.

Dengan mencermati aturan yang ada, tanpa melanggar ketentuan, bagaimana caranya Ber FACEBOOK ( CHATTING ) dilakukan dengan pesan-pesan yang memikat calon pemilih. Atau dengan kata lain mulai melakukan soft campaign. Group Di FACEBOOK merupakan aset mahal bagi sang kandidat. Begitupun saat kampanye berlangsung, dibukanya kran untuk menyampaikan kritik, saran dan pendapat dari pemilih dan bagaimana sang kandidat bisa menanggapi secara simpatik merupakan bagian dari strategi kampanye yang perlu di cermati.

Bagi kandidat, penerapan INTERNET dalam masa pra kampanye dan saat kampanye, bahkan saat perhitungan suara (yang dilakukan oleh tim sukses dan loyalis) untuk menjaga akuntabilitas KPUD tentu merupakan point plus tersendiri. Dibukanya kran kritik, akan memberikan image terhadap ZA-AMI bahwa dirinya siap dikritik dan siap mendengarkan. Sementara masukan/data masyarakat berupa kritik dan lainnya dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kualitas kampanye. Memang benar, penetrasi INTERNET tidaklah besar dibandingkan jumlah pemilih, Namun efek domino terhadap lingkungan sekitar inilah yang diharapkan mampu mendongkrak popularitas ZULFIKAR-AMI yang pada akhirnya memilih ZULFIKAR-AMI.

Lagi-lagi ini adalah cara jitu menangkap Calon potensial dalam melakukan pemetaan. Sehingga bisa diketahui mana yang harus konsentrasi kampanyenya lebih besar, mana yang tidak.

Begitupun dengan pemanfaatan teknologi call centre. Dengan dibukanya akses telepon gratis/bebas pulsa pada waktu-waktu tertentu sehingga ada komunikasi langsung antara calon pemilih dan sang kandidat, menjadikan peluang untuk bisa mengetahui isu-isu apa yang paling penting di daerah satu dengan yang lain. Inipun bisa dijadikan peluru dalam menyampaikan pesan-pesan yang mumpuni saat kampanye berlangsung. Bukan pesan umum yang ada di awang-awang yang susah untuk dicerna oleh calon pemilih. Lagi-lagi ini peluang untuk mencari pasar potensial loyalis. Fungsi yang sama pun berlaku bagi Telepon selular.

Interaksi Kandidat

Memposisikan media sebagai sebuah kekuatan vital, sebagaimana tergambar dalam hypodermic theory. Dengan anggapan bahwasannya massa itu bodoh, pasif dan bisa dimanipulasi, iklan gencar-gencaran di pasang sebagaimana pamplet, spanduk dan baligo di pasang dimana-mana Itu tidak dilakukan oleh ZA-AMI
Tetapi praktek komunikasi massa yang dilakukan ZA-AMI, tetap menjadi bahan perhatian yang tidak akan pernah terlupakan. Karena elemen komunikasi massa tidak hanya media penyampaian informasi dan khalayak saja, tetapi juga figure alias komunikator sebagai aktor utama. Hal terakhir inilah yang menjadi perhatian ZA-AMI kelayakannya untuk dijadikan pilihan oleh masyarakat banyak jangan sampai salah dalam memilih selain Nomor 1 patut di ingat di bilik suara.

Disinilah faktor kredibilitas ZULFIKAR ACHMAD menjadi rujukan. Kredibilitas yang merujuk langsung kepada kapasitas tekhnis, moral dan kepintaran sang ZUFIKAR Dalam membangun kab. Muaro Bungo. Secara teoritik kredibilitas memang bisa di design sedemikian rupa. Apalagi di zaman dimana INTERNET sudah menjadi kehidupan keseharian masyarakat. Semuanya dapat di pertontonkan secara gamblang. Tidak Ada yang diTutup-Tupi Tentang Pembangunan Yang dilakukan ZULFIKAR ACHMAD Di Muaro Bungo Selama 10 Tahun Kepemimpinannya.
Satu hal yang tak terbantahkan adalah pembangunan Bandara Internasional di Muaro Bungo, Tidak ada Pemimpin Lain di Provinsi Jambi ini Yang sanggub Melakukannya.

TEKHNIK MEDIA KAMPANYE

Memakai tekhnik photo mutakhir, gambar yang garang bisa dimanipulasi. Hitam bisa jadi putih, hijau jadi merah,muka masam bisa jadi muka manis, muka dingin bisa jadi sangat friendly. Pada pilkada Kerinci Tim sukses Pak MURASMAN berusaha untuk menghilangkan kesan muka Tua beliau. Dan itu sukses setelah beberapa kali photo Pak MURASMAN di Edit.
Simbol sebagai kekuatan media massa, komponennya ada dua. Pertama kuantitas symbol itu disosialisasikan kepada masyarakat. Semakin massif symbol itu disosialisasikan di tengah masyarakat, maka semakin tinggi tingkat kemungkinan symbol itu merasuk kealam bawah sadar masyarakat pemilih dan menjadi pegangan di bilik suara. Kedua tingkat kedekatan symbol itu di tengah masyarakat. Semakin symbol itu menjadi keseharian kehidupan masyarakat, maka symbol itu akan sangat mungkin untuk menang. Misalnya,Topi Koboi yang sering di gunakan oleh Pak ZULFIKAR ACHMAD dapat diingat oleh para pemilih untuk memilih beliau, serta Janggut dan Kumis tipis AMI TAHER Sangat bermamfaat untuk mengembalikan memori pemilih. proses negosiasi politik yang elegant. secara manipulatif masing-masing calon memanfaatkan posisinya sebagai pimpinan ( Kepala daerah ). Bahkan membuat komunitas bikin-bikinan dan menyatakan sebagai pendukungnya. Sehingga tidak aneh bila masa pilkada Jambi ini banyak organisasi yang tiba-tiba muncul dan menyatakan dukungan.
Secara elegan sejumlah prominent figure didekati dan diminta partisipasinya untuk mendukung masing-masing kandidat. Keuntungannya kesuksesan citra bahwasannya mendapat dukungan dari tokoh masyarakat juga bergeraknya komunitas dibawah bimbingan tokoh tersebut Sering Di singkat dengan TOMAS ( TOKOH MASYARAKAT )
Dari strategi diatas diharapkan selain efektif dan mengena, juga efisiensi biaya di perhitungkan. Selain itu waktu dan kesempatan juga diperhitungkan mengingat persaingan sesama kandidat semakin kompleks.

Jika tim sukses ZA-AMI telat mengambil langkah jelas merugikan ZA-AMI. Selain ongkos biaya yang terbuang percuma, juga ZA-AMI yang diperjuangkan akan menerima hujatan dari masyarakat yang membela kandidat lain, serta massa yang sebelumnya mendukung ZA-AMI akan balik menghujat karena beralih mendukung kandidat lain. Dari strategi yang tertulis adalah suatu opsi yang harus juga diperhitungkan. Mengingat strategi tersebut juga tidak sedikit ongkos biaya yang dikeluarkan, dan mewajibkan tim sukses agar selalu berfikir efisien dan efektif dalam memperjuangkan ZULFIKAR ACHMAD-AMI TAHER MENUJU JAMBI 1 Dengan Nomor urut Satu dan Mudah Mudahan Menjadi Nomor satu Dalam Pilkada Jambi 2010
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 23:50:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar