Selasa, 04 Januari 2011

KIOS KORAN DIGITAL ALA GOOGLE

News publik :

Google Inc sudah mendekati beberapa penerbit majalah mengenai menciptakan suatu kios koran digital, gerakan yang bisa membuka babak baru dalam persaingan perusahaan Internet itu dengan Apple Inc.

Kios koran digital akan menyediakan cara bagi perusahaan-perusahaan media untuk menjual versi-versi publikasi mereka yang dirancang untuk komputer tablet dan telepon pintar berdasarkan sistem operasi Google Android. Kabar itu berdasarkan artikel dalam Wall Street Journal hari Minggu, mengutip sumber-sumber anonim, seperti dikutip Reuters.

Google sudah mendiskusikan usaha dengan para penerbit termasuk bagian Time Warner Inc, Conde Nast dan Hearst Corp. Dan, sudah memberitahu beberapa penerbit mengenai pengambilan bagian pendapatan yang lebih sedikit dari 30 persen yang biasanya diperoleh Apple dari penjualan iTunes.

Google juga menawarkan kepada penerbit untuk menyediakan data pribadi pelanggan yang membeli versi digital penerbitan mereka.

Berdasarkan laporan, Apple juga merencanakan beberapa perubahan dengan toko online iTunes, termasuk membuatnya lebih mudah bagi para penerbit untuk menjual langganan, sebagai tambahan untuk penjualan edisi tunggal, sebagaimana kemungkinan berbagi lebih banyak informasi pelanggan dengan para penerbit.

Perwakilan Google dan Apple belum bisa dimintai keterangan mengenai kabar itu.

Laporan itu menyebutkan bahwa waktu yang dipilih kios koran digital Google tetap tidak jelas dan kemungkinan usaha itu tidak terwujud sama sekali.

Bulan lalu Google mulai menjual buku digital melalui toko online, memasuki pasar yang didominasi oleh Amazon.com Inc, dan mengintensifkan kompetisinya dengan Apple, yang juga menjual buku-buku elektronik untuk tablet iPad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar