Minggu, 28 November 2010

JANGAN MALU UNTUK MULAI NGE-BLOG

News publik :



Para blogger memanfaatkan warung angkringan di Jalan Langsat I, Jakarta Selatan, untuk kopi darat.
Pada masa awal kelahirannya, blog atau situs pribadi dianggap sebelah mata, bahkan cenderung dilecehkan. Sampai sekarang pun sikap nyinyir terhadap bloger tidak pernah hilang. Disebutlah bloger itu narsis yang buang-buang waktu percuma. Persis lahirnya sebuah revolusi, kehadiran awalnya diragukan.Sekarang, orang yang melek internet tetapi belum nge-blog, istilah merujuk aktivitas dalam membuat dan mengisi blog, dianggap tertinggal zaman. Blog sudah menjadi gaya hidup, mulai dari anak sekolah dasar, selebriti, sampai menteri. Bahkan, 94 dari 96 suratkabar cetak terbaik di Amerika Serikat memiliki blog. Hanya empat surat kabar saja yang "jadul" alias terseret zaman karena tidak memiliki blog.
Jelaslah, di belahan dunia sana blog sudah masuk salah satu kriteria penting sebagai penentu berkualitas tidaknya sebuah surat kabar. Beberapa surat kabar cetak di Indonesia sudah memiliki kesadaran lebih dini dengan membuat blog sebagai tempat curhat para wartawannya atau tempat mengekspos kegiatan keseharian surat kabar itu, yang tidak mungkin termuat dalam surat kabar.
Di Eropa atau Amerika, surat kabar online pun memiliki blog sendiri-sendiri, plus blog pribadi wartawannya yang bisa diklik di jajaran navigasi global pada tampilan surat kabar online tersebut. Ada "cerita di balik berita" yang lebih bebas terungkap dalam blog, yang kadang justru lebih menarik daripada peristiwa itu sendiri.
Ada forum dialog intens yang hangat antara wartawan dan para pembaca. Ada keakraban di sana. Seluruh wartawan, editor, dan pemilik surat kabar bisa disapa serta ditanya tentang berbagai hal. Wartawan yang menulis berita tidak lagi asal lempar tulisan setelah itu tutup telinga: "terserah tulisanku mau dibaca atau tidak, pokoknya masa bodoh".
Hubungan antara koran yang diwakili wartawan dan para pembacanya menjadi berjarak. Wartawan kerap dicap sebagai "orang pintar" yang duduk di menara gading, yang sulit dan tidak bisa disapa pembaca. Akan berbeda persoalannya jika sebuah surat kabar memiliki blog sendiri. Suasana lebih akrab bisa terjalin karena dipersatukan minat yang sama. Wartawan yang biasa menulis rubrik khusus, seperti otomotif, teknologi informasi, dan politik, memiliki "basis massa" pembaca yang luar biasa besar.
Sayang, selama ini aliran informasi hanya satu arah sifatnya. Tidak ada dialog interaktif untuk menangkap umpan balik (feedback) pembacanya, yang kemungkinan ada persoalan baru lainnya yang muncul dari hasil dialog interaktif itu untuk bahan tulisan berikutnya. Bukankah dalam dunia media online ada adagium bahwa berita adalah percakapan itu sendiri?
Wartawan memang manusia supersibuk yang tidak punya waktu membalas sapaan pembacanya di blog. Membalas sapaan pembaca di blog berarti buang-buang waktu sehingga waktu untuk menulis tersita. Tentu saja wartawan tidak harus memelototi blog tiap hari. Kalau tidak punya waktu, barangkali cukup seminggu sekali, sebulan dua kali, atau boleh juga sebulan sekali. Sekadar "say hello" saja kepada pembacanya.
Maka, berkumpulnya para blogger dari berbagai penjuru Tanah Air di Blitz Megaplex Jakarta, 27 Oktober lalu, menjadi penting. Selain menunjukkan keberadaan para blogger, ada semangat memperekat komunitas blogger. Meski belum pernah bertemu secara fisik dan hanya bertutur sapa di dunia maya lewat media maya, toh pertemuan itu menjadi "kopi darat" pertama yang terbesar. Beberapa wartawan peliput acara yang kemudian diklaim sebagai "Hari Blogger Nasional" itu adalah bloger, karena kesadaran mereka untuk berada dalam satu komunitas yang sama, yang sudah terbiasa saling menyapa dalam dunia maya.
Jumlah 130.000 blogger Indonesia belum apa-apa dibandingkan dengan penduduk Indonesia yang sudah menyundul angka 230 juta jiwa. Namun, melihat antusias orang yang terus membuat blog di seluruh dunia, jumlah itu rasanya terlalu kecil. Tengok Wordpress, salah satu situs penyedia blog terdepan saat ini, di mana setiap harinya mencatat 50.000 pembuat blog baru. Anda? Jangan malu untuk memulai!

Wow, Nilai Facebook Kini Rp 369 Triliun

RADAR JAMBI




Bisnis Facebook Inc. memasuki babak baru. Kini, estimasi nilai perusahaan Facebook telah mewati eBay Inc. Facebook pun menjadi perusahaan internet terbesar ketiga sejagat berdasarkan nilainya.

Menurut seorang sumber Bloomberg, kini, harga saham Facebook di SecondMarket Inc.- bursa tempat transaksi saham-saham perusahaan yang masih tertutup- telah mencapai lebih dari 16 dollar per saham. Dengan harga segitu, total nilai Facebook telah mencapai 41 miliar dollar AS (sekitar Rp 369 triliun). Angka ini telah melewati nilai situs lelang online eBay di bursa Nasdaq yang hanya 39,3 miliar dollar AS.

Nilai Facebook itu hanya kalah dari Amazon.com Inc. dan Google Inc. yang ada di urutan pertama dan kedua. Kini, nilai Amazon mencapai 74,4 miliar dollar AS, sedangkan nilai Google 192,9 miliar dollar AS.

Menurut sumber yang tak bersedia disebut namanya itu, nilai Facebook itu telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam setahun terakhir. Ini tidak mengejutkan, sebab pengguna situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu melonjak pesat dalam setahun terakhir. Pada Maret 2009, jumlah penggunan Facebook sekitar 300 juta dan kini telah mencapai lebih dari setengah miliar.

Para analis memperkirakan, tahun ini, Facebook akan meraup pendapatan 1,4 miliar dollar AS, meningkat dari 800 juta dollar AS pada tahun lalu.

Namun, nilai dan kinerja keuangan Facebook sebenarnya akan tetap menjadi spekulasi. Sebab, sebagai sebuah perusahaan tertutup, Facebook tidak pernah mengungkapkan kinerja finansialnya.

Manajemen Facebook sendiri juga adem ayem. "Upaya pihak eksternal untuk meramal pendapatan atau nilai perusahaan kami adalah spekulatif. Kami fokus membangun bisnis agar sukses dalam jangka panjang," ujar Aaron Kessler, jurubicara Facebook.

CARA TERCEPAT INTERNET DI JAMIN MURAH AYO COBA

RADAR JAMBI

Diposkan oleh di


< class="timestamp-link" href="http://radarjambi.blogspot.com/2010/11/mari-nge-broom-internet-tengah-malam.html" rel="bookmark" title="permanent link">
Diposkan oleh di
Pasti Anda pernah sebal, sewaktu tengah mengunduh file besar atau bermain game on-line mendadak sontak gagal gara-gara jaringan yang tak stabil atau tersendat. Seperti berada di sebuah jalan tol yang tiba-tiba macet akibat padatnya mobil merayap. Apalagi ketika berada di jam-jam sibuk, saat banyak orang sedang akses internet. Diposkan oleh di
Diposkan oleh di Namun jika Anda gunakan saat banyak orang terlelap, umumnya trafik kembali normal bahkan maju jalan. Jam-jam lengang itu bisa Anda jumpai biasanya pada tengah sampai usai subuh. Namun, jika threshold Anda dibatasi, tetap saja mengunduh file yang besar akan makan waktu.
Diposkan oleh di >
Bertolak dari hal itulah, PT Indosat Mega Media (IM2) lantas mencanangkan sebuah paket baru bernama Broom Kalong. Ya, Broom tak lain brand IM2 untuk paket akses internet nirkabel menggunakan jaringan HSDPA, biar berinternet nge-broom. Kalong, merupakan julukan bagi aktivitas yang dilakukan malam-malam. Diposkan oleh di
Broom Kalong berupa sebuah starter pack seharga Rp 150 ribu dengan mode pembayaran prepaid. Dua jenis ditawarkan, yaitu unlimited dan classic yang memakai volume based. Paket tanpa batas diberi kecepatan sampai 1 Mbps plus threshold sampai 5 GB. Paket dengan opsi ini dapat dilakukan pada pukul 12 malam tepat hingga 6 pagi. Bila pengunduhan melewati jatah threshold secara otomatis kecepatan pun berkurang hingga cuma 64 kbps.
Paket classic diberi kecepatan sampai 3,6 Mbps plus kuota 200 MB. Untuk isi ulang kedua paket ini menawarkan nilai sebesar Rp 100.000,- per bulannya. Dengan threshold sebesar ini, menurut Agus Pahlevi, GM Central Regional IM2 pengguna bisa mengunduh sekitar empat film biasa. Diposkan oleh di
Indar Atmanto, Presiden Direktur IM2 bilang bahwa paket seperti ini merupakan yang pertama di dunia. "Setelah saya googling di internet belum ada paket seperti ini," ujarnya. Ia juga menyebut pengguna khususnya anak muda yang doyan mengunduh file-file sangat besar jadi konsumen sasaran. Namun IM2 tak mau muluk untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya, lantaran saat ini hanya disediakan sebanyak 20 ribu starter pack saja.
Agus menyatakan bahwa potensi ini cukup luar biasa. Sejumlah data ia sodorkan, antara lain jumlah pengguna broadband di Indonesia saat ini telah mencapai 3,5 juta orang. Sementara ARPU untuk data berkisar Rp 200 ribu per bulan. Dengan tawaran seperti ini, peluangnya memang terbuka lebar. Ditambah IM2 masih menjadi pemimpn pasar broadband, yang di tahun 2009 saja merebut perolehan pasar sebesar 31,5 persen. Diposkan oleh di
Sementara untuk meneruskan Broom Paket Asik yang sudah dirilis setahun silam, IM2 mengemas pula produk lanjutan bernama Broom Asik Unlimited. Kalau versi lama menggunakan volume based, maka yang gres ini menawarkan paket unlimited dengan threshold 100 MB dan kecepatan 256 Kbps. Jika melewati jatah threshold, kecepatan pun diberikan hanya 64 Kbps saja. Tentu saja harga starter pack-nya lebih murah, cuma Rp 27.500,- Voucher isi ulangnya sebesar Rp 50 ribu dan pengguna akan memperoleh threshold sebesar 150 MB. Diposkan oleh di
Paket Asik tanpa batas ini memang terbilang terjangkau. "Dengan harga setara semangkuk bakso, pengguna bisa membeli starter pack," kata Indar. Selain itu, pelanggan yang kerap mengoleksi file besar hingga berukuran MB punya alternatif. Cuma ya itu, Anda harus siap melek tengah malam alias ngalong. Diposkan oleh di

10 BINATANG PALING RAKUS BIN MARUK DI DUNIA

RADAR JAMBI

1. HIU MACAN

Hewan buas satu ini akan memakan apapun yang ada di depannya, mulai dari sepatu, piringan hingga pecahan perlengkapan perang pernah ditemukan di perutnya. Kadang kala juga dia menggigit sesuatu yang mustahil dia bisa kunyah. Kerakusan hiu macan ini bahkan telah dimulai sebelum mereka terlahir ke dunia bawah laut. Di dalam perut ibunya, mereka saling lahap satu sama lain.

2. Babi

Hewan ini sangat rakus, walaupun perutnya sangat kecil. Satu fakta tentang babi ini, hewan ini suka tidur di atas kotorannya sendiri, sehingga badannya penuh dengan kotorannya.
3. Burung pemakan bangkai

com/_iycdfZrgVoQ/TFHAUUPKIjI/AAAAAAAABW4/znjLs_XtEx0/s400/turkey+vulture+5809+copyright++chrisazimmer++vs.jpg" />
Burung satu ini merupakan karnivora tingkat satu. Makanan mereka adalah daging, hanya daging dan cuma daging walaupun daging itu terhidang "setengah matang" maupun udah membusuk. Mereka akan melahap bangkai binatang sebanyak mungkin, secepat mungkin, sampai-sampai berat mereka menjadi 20 % lebih berat setelah makan.
4. Tasmanian Devil

Hewan asli Australia ini dapat melahap makanan sebanyak 40% berat tubuhnya hanya dalam tempo 30 menit. Mungkin terdengar biasa aja, tapi mari kita bandingkan dengan manusia, maka itu sama saja dengan kita melahap 216 hamburger dalam tempo yang sama. arial;">5. Kelelawar Vampir

Hewan "imut" ini besarnya hanya seperti jempol orang dewasa, tapi gigi tajamnya bisa menyobek pembuluh darah dan menghisap darah kita, sebanyak 5 sendok teh sekali gigit. Hewan ini sebelum menyedot darah, dia akan "mengencingi" korbannya terlebih dahulu.

6. Ular Piton


Hewan tak berkaki ini bisa menelan makanan yang bahkan lebih besar daripada kepalanya sendiri. Karena memiliki sistem pencernaan yang lamban, maka piton membutuhkan waktu yang lama untuk makan lagi, kira-kira dalam beberapa hari bahkan bulan
7. Kodok Mulut Lebar Argentina

Juga dikenal sebagai kodok bertanduk, Argentinean wide-mouthed frog ini sangat tidak gentar maupun takut saat menyambangi makanannya. Hewan ini makan apa aja seperti tikus, kadal kecil dan ular. Bahkan saking rakusnya, perutnya bisa robek karena kekenyangan.
8. Burung Kolibri

Hewan ini membutuhkan makanan setiap 10 menit sekali. Dengan sayap yang berkepak sebanyak 200 kali tiap menit dan jantung yang berdetak 1200 kali tiap menitnya, kolibri akan membakar 14.000 kalori, sama dengan kalori yang dibutuhkan manusia untuk berlari marathon.

9. Paus Biru

Dengan berat 200 ton dan panjang 100 kaki, paus biru bukan hanya hewan terbesar di planet bumi, mungkin hewan terbesar yang pernah ada.
Makanannya adalah krill (invertebrata kecil mirip udang yang panjangnya 1 inchi), sebanyak 40 juta krill per hari.

arial;">
10. Ulat


Ulat ini mungkin yang terkecil di antara 10 hewan lainnya. Dia dikenal sebagai "eating machine". Selama menjadi ulat, dia akan memakan dedaunan dengan amat sangat rakus. Membesar 1000 kali hanya dalam 2 bulan. Persiapan sebelum "berinkarnasi" menjadi kupu-kupu yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar