Minggu, 28 November 2010

MENGENAL SEJARAH MAKANAN BEKU YANG KITA MAKAN

News publik :


Industri food frozen sendiri mulai dikenal berkat jasa Clarence Birdeye. Awalnya Clarence terinspirasi oleh suku Indian Inuit yang selalu berhasil melakukan proses pembekuan ikan. Clarence Birdeye



Setelah lama mempelajarinya, akhirnya Clarence berhasil meniru proses pembekuan tersebut. Ia pun mencobanya dengan makanan lain, seperti daging, ayam, dan tentunya ikan.

Penemuan Clarence disambut luar biasa oleh masyarakat Amerika. Sebab, berkat temuannya mereka tidak perlu repot-repot lagi memasak. Selain itu, penemuan Clarence selangkah lebih maju dibandingkan pembekuan tradisional yang sudah ada waktu itu. Sebab, pembekuan yang dilakukan Clarence hanya sedikit menghasilkan lapisan es.

Sadar penemuannya dapat sambutan positif, Clarence langsung berusaha membuat petualangan kulinernya itu jadi hak paten. Setelah mendapatkan hak paten, ia kemudian menjualnya kepada perusahaan makanan General Food Corporation.
Atas prestasinya ini, Clarence dianugerahi Babcock Hart Award pada 1949 oleh Institute of Food Technologies. Pada tahun 2003, namanya diabadikan pada Food Engineering Hall of Fame.

Teknik Pengaweta

Lalu sebenarnya, bagaimana teknik pengawetan yang dilakukan Clarence? Proses pengawetan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, menggunakan suhu sedikit di bawah suhu kamar dan di atas suhu 15°C. Kedua, pengawetan dengan suhu 4-10°C, dan terakhir pengawetan dengan suhu di bawah 0°C.

Pengawetan pada ketiga jenis suhu rendah ini bertujuan menghambat proses pertumbuhan mikroorganisme penyebab kebusukan dan kerusakan. Namun, tidak berarti pemakaian suhu rendah dapat menghambat pertumbuhannya saja. Proses ini mengakibatkan menurunnya populasi mikroba, meskipun tetap dijumpai dalam jumlah kecil. Hal ini disebabkan terjadinya kerusakan protein pembangun sel mikroba atau terjadinya peningkatan konsentrasi larutan dalam sel.

Karena mikroba tidak dapat musnah seluruhnya, maka penting sekali untuk membersihkan produk pangan dengan benar sebelum dibekukan. Selama penyimpanan beku, kerusakan zat gizi kecil sekali atau tidak rusak sama sekali. Penurunan tersebut jauh lebih kecil dibandingkan penyimpanan dalam suhu ruang

Jenis-jenis Pembekuan Makanan

Jenis pembekuan terbagi menjadi dua golongan yaitu pembekuan cepat (quick freezing) dan pembekuan lambat (slow freezing). Pembekuan cepat (quick freezing)
Produk yang dibekukan dengan cara ini mempunyai kristal es yang halus. Saat dicairkan, air yang terbentuk akan diserap kembali oleh jaringan makanan dan hanya sedikit yang lolos menjadi tetesan air.
Pembekuan lambat (slow freezing)

Proses ini akan menghasilkan kristal es yang besar dan tajam yang akan lolos sebagai tetesan air pada waktu pencairan. Tetesan air ini akan menyebabkan sari makanan lebih banyak terbuang dan mengurangi kandungan gizi makanan

Bagaimana Memilih Produk Beku?

Mungkin, frozen food bisa jadi solusi bagi Anda yang tidak ingin terlalu repot dalam memasak. Tapi, jangan cepat puas dulu. Anda harus tahu apa saja kekurangan makanan ini. Meski tahan lama, produk pangan yang dibekukan tetap mempunya batas waktu simpan adau daya simpan. Jadi, pada jangka waktu tertentu produk masih bisa diterima, entah itu warna, rasa, tekstur, dan bentuknya. Hal ini dikenal dengan sebutan high quality life. Biasanya, bahan pangan yang mengandung lemak tinggi akan berdaya simpan lebih pendek dibandingkan dengan yang berkadar lemak rendah.
Jadi bagaimana menentukan pilihan frozen food yang baik? Saat memilih, Anda biasanya menemukan dua jenis frozen food yakni dalam kemasan dan di luar kemasan atau curah.

Harus Anda sadari, frozen food yang dikemas mempunyai banyak keuntungan dibandingkan curah. Meskipun harganya jauh lebih mahal, frozen food kemasan mempunyai kualitas yang lebih baik karena proses penyimpanan produk tersebut dilindungi dari proses penguapan air pada bagian permukaan.
Sebaliknya, jika produk disimpan pada suhu beku tanpa kemasan atau pembungkus, akan menyebabkan terjadinya kerusakan yang disebabkan aktivitas oksidasi yang menurunkan nilai gizi produk yang dibekukan.
Maka itu, jika Anda ingin membeli produk curah, gunakan alat saat pengambilan, jangan bersentuhan langsung dengan tangan. Sesampainya dirumah, segera masukkan dalam freezer agar awet.

Hal lain yang perlu Anda cermati adalah sebaiknya tidak menggunakan dry ice saat dibawa pulang dan sebaiknya jangan beli kalau produk sudah terasa lembek.
Faktor penting lain dalam pembekuan adalah suhu penyimpanan dan fluktuasinya. Jika selama proses pembekuan suhu berubah-ubah, mutu produk pangan beku juga berubah. Misalnya, bahan pangan belu yang disimpan dalam freezer, kemudian dipindahkan ke dalam lemari es, akan mencair dan tidak awet lagi.
Idealnya, frozen food disimpan pada suhu buku -20°C. Di lemari swalayan, suhunya sekitar -10°C hingga -12°C. Karena itu, lakukan belanja produk frozen food paling akhir sebelum Anda menuju kasir. Begitu pulang, langsung masukkan ke dalam freezer
Siap Santap. Ada dua jenis frozen food, yakni es krim dan es puter.
Panggang Terlebih Dahulu. Adonan pizza, frozen sponge cake, apple pie, dan beberapa jenis croissant.
Harus Digoreng. Donat, aneka nugget, spicy ring, dan french fries.
Dikukus. Aneka dimsum kukus dan mantau.
Rebus. Aneka bakso, baik itu seafood, ayam, dan daging sapi.
Siram Dengan Air Hangat. Mix vegetables dan frozen fruit seperti raspberry dan cranberry.
Apa Keuntungan Produk Beku?

  • Pengolahan lebih sederhana karena produk sudah “bersih”



  • Menjamin ketersediaan pasokan sepanjang tahun. Dengan umur simpan yang relatif panjang, bahkan produk musiman dapat tersedia sepanjang tahun, kapan saja diperlukan.



  • Harga relatif murah, terutama untuk produk musiman yang dibekukan pada saat musim panen ketika harga murah sehingga harganya relatif murah disbanding produk segar.



  • Kualitas lebih konsisten



  • Lebih terjamin keamanan makanannya karena dibekukan dalam keadaan segar.


  • Nilai Gizi dan Rasa

    Harus diakui, proses pembekuan akan menurunkan nilai gizi dibandingkan dengan bahan segarnya, terutama kandungan vitamin dan komponen-komponen lain yang sensitif terhadap proses pengolahan suatu bahan baku. Tapi ada hal yang menarik dari hasil penelitian yang dilaporkan dari Jepang.
    Salah satu penelitiannya tentang kandungan vitamin C dari suatu jenis sayuran menunjukkan, kandungan vitamin C akibat proses pembekuan lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran segarnya. Untuk cita rasa, dari hasil penelitian beberapa panelis yang terpilih menunjukkan, sangat sedikit konsumen dengan tepat mampu mengenali makanan olahan dari bahan segar atau bahan produk beku. Suatu hasil yang agak berbeda dengan dugaan selama ini, makanan dari produk beku memunyai cita rasa yang lebih rendah dari makanan yang disiapkan dari bahan segar.
    Dengan demikian dapat disimpulkan, jenis dan cara penyiapan makanan tampaknya lebih mempunyai andil besar dalam menentukan cita rasa suatu makanan… kalau pengolahan/penanganannya tepat maka kualitas produk beku akan baik.

    Dalam dunia teknologi pangan, reezeburn yakni suatu perubahan citra rasa, perubahan warna, kehilangan zat gizi serta perubahan tekstur dari bahan pangan beku akan cepat terjadi jika bahan pangan disimpan pada suhu di atas minus 9 °C.
    Untuk memperoleh hasil yang terbaik dari bahan pangan yang dibekukan, suhu penyimpanan harus dijaga agar konstan dan tidak boleh lebih tinggi dari minus 17 °C, serta harus diikuti dengan pengemasan yang baik atau memenuhi standar pengemasan untuk bahan pangan beku.


    KELUARGA PALING BERPENGARUH SEPANJANG MASSA

    RADAR JAMBI

    “Zhu” adalah nama keluarga kaisar dari Dinasti Ming. Kaisar Ming pertama, Hongwu Zhu Yuanzhang memilih untuk menggunakan nama Ming untuk nama dinasti. Ming berarti “Brilliant”.

    Dinasti Ming adalah dinasti yang memerintah di Cina 1368-1644, setelah runtuhnya Mongol yang dipimpin Dinasti Yuan. Ming adalah dinasti, “salah satu era pemerintahan terbesar tertib dan stabilitas sosial dalam sejarah manusia,” terakhir di Cina yang diperintah oleh etnis Hans. Meskipun ibukota Beijing jatuh pada tahun 1644 dengan pemberontakan yang dipimpin oleh Li Zicheng, tetapi segera digantikan oleh Dinasti Qing Manchu keluarga yang memimpin kekaisaran terakhir Cina, rezim setia kepada tahta Ming yang bertahan sampai 1662. Dinasti Ming sering dianggap sebagai titik yang tinggi dalam peradaban dinasti Cina di mana tanda-tanda awal kapitalisme muncul.
    Habsburgs

    House of Habsburg adalah sebuah rumah bangsawan penting dari Eropa dan dikenal sebagai leluhur resmi Kaisar Romawi Suci antara 1452 dan 1740, serta penguasa Spanyol dan Kekaisaran Austria. Awalnya dari Swiss, dinasti pertama memerintah di Austria, mereka memerintah selama lebih dari enam abad, namun serangkaian dinasti membawa pernikahan Burgundi, Spanyol, Bohemia, Hungaria dan wilayah lainnya.

    Dinasti ini dinamai Kastil Habsburg di Kanton Aargau Swiss. Motto Dinasti adalah ” Let others wage wars, but you, happyAustria, shall marry “, yang menunjukkan bakat dari Habsburg untuk memiliki anggota, mereka kawin ke keluarga kerajaan lain, untuk membuat aliansi dan mewarisi wilayah. Ratu Maria Theresa diakui cukup penting dan kadang-kadang disebut sebagai ‘ Nenek Besar dari Eropa’.

    Ptolemy Family

    Dinasti Ptolemeus adalah keluarga kerajaan Helenistik Macedonia yang memerintah kerajaan Ptolemeus di Mesir selama hampir 300 tahun, dari tahun 305 SM hingga 30 SM. Ptolemeus, yang menjabat sebagai salah satu dari tujuh pengawal jenderal Alexander the Great, diangkat sebagai despot dari Mesir setelah kematian Alexander tahun 323 SM. Pada 305 SM, ia menyatakan dirinya Raja Ptolemeus I, kemudian dikenal sebagai penyelamat Soter. Orang Mesir segera menerima dinasti Ptolemaic sebagai penerus firaun Mesir independen.

    Keluarga Ptolemeus menguasai Mesir hingga penaklukan Romawi 30 SM. Anggota paling terkenal dari garis keturunan itu adalah ratu terakhir, Cleopatra VII, dikenal untuk perannya dalam pertempuran politik Romawi antara Julius Caesar dan Pompey, dan kemudian antara Oktavianus dan Mark Antony. Cleopatra VII bunuh diri saat penaklukan oleh Roma menandai akhir kekuasaan Ptolemeus di Mesir.

    Medici Family

    Keluarga Medici adalah sebuah keluarga Florentine kuat dan berpengaruh dari abad 13 sampai abad ke-17. Keluarga itu memiliki tiga Paus (Leo X, Clement VII, dan Leo XI), banyak penguasa Florence terutama Lorenzo yang Agung, pelindung beberapa karya seni Renaissance paling terkenal. Seperti keluarga signore lain mereka mendominasi pemerintah kota mereka. Mereka mampu membawa Florence di bawah kekuasaan keluarga mereka, yang memungkinkan untuk sebuah lingkungan di mana seni dan humanisme bisa berkembang.

    Mereka memimpin kelahiran Renaissance Italia bersama dengan keluarga besar lainnya signore Italia seperti Visconti dan keluarga Sforza dari Milan, Este Ferrara, dan Gonzaga dari Mantova. Bank Medici adalah salah satu yang paling makmur dan paling dihormati di Eropa. Ada beberapa perkiraan bahwa keluarga Medici adalah keluarga terkaya di Eropa. Dari dasar ini, mereka memperoleh kekuasaan politik awalnya di Florence dan kemudian di Italia dan Eropa yang lebih luas.

    Medici Family

    Capetian Family

    Dinasti Capetian adalah keluarga kerajaan terbesar di Eropa. Ini termasuk salah satu keturunan langsung dari Hugh Capet dari Perancis. Raja Spanyol Juan Carlos dan Grand Duke Henri Luksemburg adalah anggota keluarga ini, melalui cabang dari dinasti Bourbon. Selama berabad-abad sebelumnya, Capetians tersebar di seluruh Eropa, yang berkuasa setiap bentuk unit provinsi dari kerajaan ke manors. Selain keluarga kerajaan yang paling banyak di Eropa, juga merupakan salah satu yang paling incest, terutama dalam Monarki Spanyol. Bertahun-tahun telah berlalu sejak monarki Capetian memerintah sebagian besar Eropa, namun mereka masih tetap sebagai raja.

    Saat ini dua Monarki Capetian masih memerintah di Spanyol dan Luxemburg. Selain itu, tujuh anggota dinasti monarki diasingkan di Brasil, Perancis, Spanyol, Portugal, Parma dan Dua Sisilia. Anggota keluarga saat ini sah senior Louis Alfonso, Duke of Anjou, yang juga memegang klaim Legitimist ke tahta Perancis. Secara keseluruhan, puluhan cabang dari dinasti Capetian masih ada di seluruh Eropa.

    Jumat, 19 November 2010

    Asian Games XVI Luar Biasa! Emas Kedua dari Perahu Naga

    RADAR JAMBI
    Jumat, 19 November 2010 | 10:33 WIB
    Tim dragon boat raih medali emas kedua
    ZENGCHENG, Tim Perahu Naga menyumbang medali emas kedua bagi Indonesia di ajang Asian Games XVI/2010 dari nomor 500 meter di Danau Zengcheng, Guangzhou, Jumat.

    Tim Indonesia yang dimotori Abdul Aziz sebagai drumer mencatat waktu tercepat satu menit 44,506 detik (1:44,506).

    Medali perak diraih Myanmar dengan catatan waktu 1:45.622 dan perunggu diraih China 1:46.480.

    Sukses tim perahu naga disambut sukacita oleh kubu Indonesia. Bahkan, komandan kontingen Indonesia, Tono Suratman, sampai menangis seusai tim Indonesia mencapai finis.

    Sementara di bagian putri nomor 500 meter, tim Indonesia meraih medali perak dengan catatan waktu 2:02.875.

    Adapun emas 500 meter putri diraih putri China dengan catatan waktu 2:00.667. Perunggu diraih putri Thailand dengan catatan waktu 2:06.271. "Ini luar biasa, ini emas kedua bagi Indonesia, terima kasih doa semuanya," kata Manajer Tim Indonesia, Djamaludin.

    Dengan hasil itu, tim perahu naga telah menyumbangkan dua medali emas dan dua perak bagi kontingen Indonesia.

    JUMLAH SATELIT DI RUANG ANGKASA BERAPA BANYAK YA ? LEBIH DARI 5000 BUAH

    RADAR JAMBI
    haxims blog
    Mungkin Selama ini Kita lihat pada gambar-gambar satelit seperti gambar diatas (cuma satu Satelit ) ane pikir-pikir gan setiap negara mempunyai satelit masing-masing dan dilihat dari jenisnya yang beragam
    Sekarang kita Lihat dulu Jenis-jenis satelit

    Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Jenis-Jenis Satelit:
    * Satelit astronomi
    * Satelit komunikasi
    * Satelit pengamat Bumi
    * Satelit navigasi
    * Satelit mata-mata
    * Satelit tenaga surya
    * Stasiun angkasa
    * Satelit cuaca
    * Satelit miniatur
    Jenis-Jenis Orbit Satelit:
    Banyak satelit dikategorikan atas ketinggian orbitnya, meskipun sebuah satelit bisa mengorbit dengan ketinggian berapa pun.
    1. Orbit Rendah (Low Earth Orbit, LEO): 300 – 1500km di atas permukaan bumi.
    2. Orbit Menengah (Medium Earth Orbit, MEO): 1500 – 36000 km.
    3. Orbit Geosinkron (Geosynchronous Orbit, GSO): sekitar 36000 km di atas permukaan Bumi.
    4. Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit, GEO): 35790 km di atas permukaan Bumi.
    5. Orbit Tinggi (High Earth Orbit, HEO): di atas 36000 km.
    Orbit berikut adalah orbit khusus yang juga digunakan untuk mengkategorikan satelit:
    * Orbit Molniya, orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekitar 63°.
    * Orbit Sunsynchronous, orbit satelit dengan inklinasi dan tinggi tertentu yang selalu melintas ekuator pada jam lokal yang sama.
    * Orbit Polar, orbit satelit yang melintasi kutub
    Lihat gan banyak jenis-jenis satelit masuk akal kah kalau di photo-photo satelit yang kita lihat hanya terdapat satu stelit


    haxims blog
    satelit buatan pertama diluncurkan untuk mengorbit Bumi adalah SPUTNIK 1, yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957 oleh Uni Soviet setelah itu semakin majunya tekhnologi membuat peluncuran satelit semakin berkembang pesat selanjutnya. Sampai dengan 19 Januari 2000, jumlah satelit buatan manusia yang telah diluncurkan men-gorbit Bumi adalah 5159 satelit.
    Gila Banyak amad gan . . .
    dan pada tahun 2009 ane gak tau jumlahnya . . . .
    kalau mau hitung siahkan . . . . bagi yang bisa menghitung dengan tepat jumlah satelit ane kasih cendol
    neh ane ada pic jumlah satelit di seluruh dunia
    Dari Jauh

    haxims blog

    Dari Dekat

    haxims blog


    Lebih Nyata

    haxims blog

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar