Kamis, 02 Desember 2010

PUNCAK PALING BANYAK MAKAN KORBAN 100 PER TAHUN ''INDAUK WUIH''

News publik :




di wilayah provinsi Shaanxi ,diannggap medan pendakian yang berbahaya didunia, di puncaknya terdapat semacam kuil tempat untuk minum Teh. Untuk menuju ke puncak kita mesti melalui pendakian terjal, jalan setapak yang pas pasan..dan berbahaya...resiko nyawa adalah taruhannya......









Walaupun bahaya mengancam, tantangan ini tidak menyurutkan orang orang yang nekad untuk bisa minum teh ini.Kabarnya, setiap tahun kurang lebih seratus orang yang meninggal karena jatuh kepleset waktu mendaki gunung ini. Seberapa gilanya kesulitan untuk meminum teh ini, coba lihat foto fotonya di di atas ini.
Hua Shan Mountain
adalah salah satu dari lima gunung di Cina.Nama
Hua Shan yang berarti "
Bunga Gunung

Sebuah nama yang mengartikan keramat pada lereng gunung itu... Pendakian yang paling berbahaya terletak di puncak Selatan, di mana ribuan wisatawan setiap tahunnya datang berkunjung dan mendaki. Sebuah tantangan untuk minum teh.......ruarrr biasa..!!



Perlu kebranian yang luar biasa.... sebab sedikit salah langsung jadi Superman tanpa sayap...ckckckc..


Koq pada nekad ya?



Pendakian maut yang di tempuh hanya Untuk menikmati secangkir teh..... hiiiiii..



CARA KE DUA UNTUK MENGGAET TANTE GIRANG

RADAR JAMBI: TONI.S



1. harus da kenal ntah dari temennya, pernah ketemu sebelumnya or at least lw curi2 denger namanya..bis tu coba tegor.
kebanyakan sih ga pernah sendiri. ntan itu ma banci or ma geng-nya

2. kalo di mall susah..karna sekarang dah nyebar n mall tambah banyak.daftar gw sih Plaza indonesia, Kelapa gading, n plaza senayan.bis tu ITC kuningan, ITC cempaka mas..yang paling gampang cari di gym aja..or biasanya lebih ke tempat clubbing yang exlusive kaya X2, Nu CHINA, K7, Blowfish, red square.

3. cara kurang lebih sama..lo tatap 1 - 3x.tampang pertama jual mahal.tampang ke dua lebih serius, seakan2 lw tertarik sama dia.ke tiga senyum..bis tu datengin d....kata2 manjur
a. kayanya kita pernah ketemu ya.
b. sering dateng kesini ya.
c. lagi nunggu siapa. (biar terkesan akrab)
d. or kalo lagi di gym, udah lama nge gym disini, ko ga pernah ngelihat. or lagi program apa nih.

kalo di cuekin, tiba tiba langsung pergi or mandang lw dengan sinis...ya udah..gagal tu namanya...kalo sukses lanjut ke langkah berikut.

4. bisa juga ab is itu tanya, ada acara ga setelah ini, mau kemana, sudah makan blum, mau ngopi2, banyak deh.

5. bis tu baru ngobrol2.tuker no telp..sukur2 kalo bisa langsung janjian ketemuan berikut.karena jarang banget pas ketemu pertama langsung sukses...karena mereka biasanya milih2 pasangan...kalo ada yang bilang ketemu pertama langsung sukses..luar biasa lah..

6. trus pastiin lw tentuin orientasi lw...mau cari duit, sex gratis, temen ngobrol or long term relationship..

7. tante2 banyak modelnya...ada yang cantik tajir kesepian, cantik kesepian, biasa tajir kesepian, biasa tajir, biasa kesepian, minus tajir berat, minus kesepian..or yang gila banget ntah itu yang sadis, maniak, pelit, rese, over protective...

8. cuma kalo dia yang udah kecantol ma lw...ampuuuun.minta apa aja di kasih.

9. jangan lupa juga bro lw harus siap ma segala konsekuensinya...stress cry or very sad ati2 pren euits jangan waiting hit

CIRI-CIRI WANITA SELINGKUH

Siapa yang tak tergoda jika seseorang yang terus menerus mencoba menarik perhatian. Karena sering bertemu, mengobrol, dan akhirnya saling curhat, perselingkuhan pun semakin mungkin terjadi. Apalagi bila kebetulan kondisi hubungan dengan pasangan sedang dalam kondisi mendung yang gelap.

Namun, bukan berarti Anda harus mencurigai pasangan dan mengawasinya selama 24 jam penuh. Yang pasti ciptakan hubungan kondusif di antara Anda berdua, dan belajarlah jeli membaca tanda-tanda adanya perselingkuhan.

Ciri Wanita YANG BERSelingkuh Di antaranya:

1. Dia tak mengkritik Anda lagi

Tak seperti biasanya, si dia yang selalu mengkritik Anda mulai dari kebiasaan atau cara berpenampilan buruk saat Anda berpakaian, kini lebih cuek dan tidak peduli dengan penampilan Anda. Bahkan yang terparah ialah si dia sudah tak lagi memedulikan kehadiran Anda dalam hidupnya.

2. Tercium aroma parfum pria lain

Cara lain mengenali tanda perselingkuhan ialah saat berdekatan dengan si dia tercium aroma parfum pria lain di tubuhnya.
Dengan terkuaknya tanda-tanda ini tak menutup kemungkinan si dia telah meluangkan waktu luangnya bersama pria lain hingga meninggalkan aroma parfum di tubuhnya.

3. Bekerja lebih lama dari biasanya

Untuk menggagalkan jadwal kencan dengan Anda, si dia sering berdalih harus menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah. Padahal dia ingin bebas menghabiskan hari libur dengan selingkuhannya.
Bahkan untuk menghabiskan waktu bersama kekasih gelapnya, si dia lebih sering pulang larut malam dengan alasan lembur.

4. Salah panggil nama

Nama suami Prasteyo dipangggil 'Pah lu loyo'
Untuk membuktikan hal itu, Anda dapat melihat buku agendanya atau panggilan terakhir di telepon Genggamnya.]

5. Enggan Diusik

Sangat menikmati kesendirian, maka kebersamaan dengan pasangan berangsur berkurang.

6. Tidak Fokus

Pembicaraan cenderung tidak fokus dan acap melenceng dari topik, berakibat jawaban-jawaban menjadi kurang tepat.

7. Cepat Marah

Pertany aan dinilai sebagai interogasi dan diliputi rasa dicurigai sehingga yang timbul kemarahan yang tidak jelas arahnya.

8. Ser ing Lupa

Janji makan siang atau malam hingga jadwal olahraga bersama cenderung terlewatkan. Yang lebih mengejutkan, lupa ulang tahun perkawinan.

9. Malas Bicara

Seperti merahasiakan beberapa kegiatan karena tak ingin diusik bahkan diketahui sehingga mulai jarang bercerita.

Kalau sikap pasangan wanita mulai menunjukkan tanda-tanda berubah, hati-hatilah. Jangan-jangan ia telah berselingkuh.


WANITA SELINGKUH BERDASAR ZODIAK


T A U R U S
21 April – 20 Mei
Peringkat 1 : Kesetiaannya luar biasa dan paling dapat diandalkan. Bagi beberapa zodiac tertentu, Taurus kadangkala dianggap pribadi yang agak membosankan dalam hubungan interaksi karena cenderung berkutat dalam hitungan “berhemat-hemat” atau paling tidak dianggap keras kepala

C A N C E R
21 Juni – 22 Juli
Peringkat 2 : Ratu Rumahan yang setia, selalu ingin merawat pasangannya. Sensitivitas tinggi membuatnya sangat berhati-hati untuk tidak dilukai dan melukai. Cancer terkesan menutup rapat diri yang membuat beberapa Zodiac tertentu menjadi tidak sabar karena makan waktu untuk berinteraksi dengannya.

V I R G O
23 Agustus – 22 September
Peringkat 3 : Sangat hati-hati memilih pasangan. Ketemu satu saja sudah bikin “capek”, jadi boro-boro mau “main-mata” lagi.. Kerap lumayan rewel dan kritis yang menunjukkan betapa besar perhatiannya pada seseorang. Bagi beberapa zodiac tertentu, Virgo adalah tipe yang kerewelan dan kritiknya kadang bisa bikin orang lain tersinggung.

C A P R I C O R N
23 Desember – 20 Januari
Peringkat 4 : Pemikiran akan rencana-rencananya sangat menyita waktunya.Cenderung berkutat seputar pemikiran akan rencana-rencananya. Bagi beberapa zodiac tertentu, Capricorn terkesan membatasi diri dalam hubungan interaksi dengan lainnya. Selingkuh hanya intermezzo kala jenuh.

A Q U A R I U S
21 Januari – 19 Februari
Peringkat 5 : Tidak suka selingkuh, tapi menghindari komitmen yang membutuhkan keterlibatan emosional yang dalam. Aquarius cenderung berpikir dan bertindak tegas. Bagi beberapa zodiac tertentu, ia terkesan sangat radikal. Bila ia sampai selingkuh, berarti itu caranya yang “radikal” untuk mengakhiri hubungan dengan pasangan yang tidak mampu mengikuti pola pikirnya.

L I B R A
23 September – 22 Oktober
Peringkat 6 : Paling sukar menentukan pilihan dan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan diri sendiri. Karena kerap berpikiran mendua mengenai segala sesuatu, bagi beberapa zodiac tertentu, Libra kadang terkesan penuh rahasia dan cenderung sulit dipahami.

G E M I N I
21 Mei – 20 Juni
Peringkat 7 : Harus dimanja agar tidak selingkuh. Selalu ingin dimanja dan diperhatikan oleh pasangannya. Bagi beberapa zodiac tertentu, Gemini adalah tipe yang gampang berubah-ubah.

S A G I T A R I U S
23 November – 22 Desember
Peringkat 8 : Gampang tergoda untuk selingkuh. Karakter dasar yang ekspansif maka ia gampang tergoda untuk hal-hal yang “baru”, begitu pula dalam hubungan. Bagi beberapa zodiac tertentu, Sagitarius adalah tipe cemerlang yang penuh vitalitas hidup.

A R I E S
21 Maret – 2 0 April
Peringkat 9 : Perlu dipantau agar gairah kehangatannya tidak berlebihan. Antusiasme dalam diri membuat gairahnya selalu berkobar untuk ber”petualang” dalam segala hal. Bagi beberapa zodiac tertentu, Aries adalah tipe yang hangat dalam hubungan interaksi.

L E O
23 Juli – 22 Agustus
Peringkat 10 : Kesetiaannya diliputi ego yang tinggi. Egonya yang tinggi membuat kesetiaannya sangat berpamrih, yaitu rela mengalah dalam banyak hal untuknya. Bagi beberapa zodiac tertentu, Leo adalah tipe yang “menawan.”

S C O R P I O
23 Oktober – 22 November
Peringkat 11 : Tak akan membiarkan setiap godaan lewat begitu saja. Godaan bisa berarti perhatian baginya dan jarang diabaikannya. Scorpio senang menjadi populer sebagai si pecinta ulung. Bagi beberapa zodiac tertentu, Scorpio adalah tipe pecinta yang ekspresif.

P I S C E S
20 Februari – 20 Maret
Peringkat 12 : Si Peselingkuh yang mengaku setia. Demikian romantis dia. Perselingkuhan adalah nuansa indah dalam hidupnya.

30 HAL MENARIK TENTANG JAKARTA

RADAR JAMBI: TONI.S

http://gibranhuzaifah.files.wordpress.com/2009/01/jakarta31.jpg
1. keliling jakarta dengan Rp 6.500
masuk jalan tol dalam kota dengan membayar rp.6.500 dan anda bisa keliling kota sepuasnya. lakukan pada hari libur dan isi bensin mobil terlebih dahulu.

2. musik kamar di taman
iri melihat fil asing yang terdapat adegan musik klasik bermain di taman kota di paris atau new york? di jakarta juga ada. samabangi saja tama suropati di menteng pada setiap hari minggu.

3. cuci paru2 sebulan sekali
sebulan sekali, tepatnya pada minggu keempat, jalan protokol M.H.Thamrin diharamkan bagi kendaraan bermotor. saat yang tepat bagi anda untuk mencuci paru2 dengan bersepada, bermain ulutangkis atau sepak bola.

4. jakarta dari ketinggian
monas memang bukan bangunan yang tertinggi di jakarta. namun, deri ketinggian 132 m, anda dapat menikmati pemandangan kota jakarta. itu pun bila sedang tidak hujan, berkabut, liftnya rusak dan anda sabar mengantri dengan murid SD.

5. sogo jongkok kaki lima
mengacu pada nama pusat perbelanjaan elit asal jepang. banyak yang bilang barang2nya mirip dengan yang dijual di sogo. apa iya? rasanya memang tidak. ketelitian dan skill tawar menawa adalah syarat mutlak. lokasinya di tanah abang jakarta pusat.

6. ada bintang di siang bolong
siang2 nonton bintang? di alam bebas sih memang hanya ada matahari namun di taman ismail marzuki, tepatnya di planetraium, puluhan bahkan ratusan bintang dapat anda saksikan di siang bolong.

7. nyekar ke taman prasati
lokasinya yang tersembunyi di kawasan tanah abang, membuat komplek pemakaman ini kurang kondang. padahl, berada di sini serasa di set film drakulanya bram stoker. sebutan taman lebih pas ketimbang kuburan, karena makamnya indah.

8. cuci mata sudirman- thamrin
tanya: kenapa lajur lambat jalan sudirman selalu macet sore hari?
jawab: karena banyak pengguna jalan yang berlambat lambatan lantaran keasyikan nonton mbak2 pegawai yg cantik, wangi dan modis pulang kantor. tidak percaya? buktikan sendiri.

9. sate domba ala afrika
apakah di afrika ada sate? walahuallam. tapi, sate afrika di jalan KS Tubun I no6, milik haji ismail coulli balli yang asli mali ini memang lezat, apalagi disantap dengan pisang tanduk goreng dan cocolan sambal lampung plus mustard.

10. tes slalom di jalanan
rusaknya sebagian besar jalan protokol jakarta, sejatinya dapat melahirkan atlet slalom mobil dan motor. yang anda butuhkan hanyalah kejelian dan kecekatan menghindari lobang dan separator busway. seru!

11. naik bemo sebelum digusur
di negara asalnya, jepang. bemo sudah jadi koleksi museum. namun orang jepang dijamin terkaget kaget menyaksikan kendaraan yang diimport indonesia pada tahun 50an ini masih eksis menapaki aspal ibu kota. jumlahnya sih,memang tinggal segelintir, dan bakalan digusur pemda.

12. belanja pa sar kagetan di kalibata
trletak di jalan menuju komplek DPR RI kalibata, setiap hari sabtu, minggu dan hari libur nasional, anda dapat menyambangi pasar kaget yang menjual berbagai barang. dari mulai rotan bola hop, kelinci, panci dan wajan, sampai obat ajaib yang menurut si pedagang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit (jangan membuang waktu mencari nomor izin DEPKES, karena pasti tidak ada). pasar sejenis lainnya dapat ditemui ketika sholat jumat.

13. keliling kota naik bus istimewa
busway yang seharusnya merupakan singkatan dari bus istimewa ya. mengapa istimewa? karena jalurnya memang istimewa. anda pun dapat melancong keliling jakarta dengan uang Rp3500. lakukan di akhir pekan yah.

14. kota 1000 mal
kalau dalam lagu dari sabang sampai merauke yang berjajar adalah pulau pulau, di jakarta lain lagi, kaerna yang berjajar justru mal mal, dari yang lawas sampai baru, yang sepi sampai ramai pengunjung.

15. biar be kas yang penting gaya
tak selamanya yang bekas itu buruk loh. lihat saja baju2 bekas yang dijual di kawasan pasar senen dan pasar baru yang dijamin dapat membuat anda maksimal dalam berpenampi lan retro 70 dan 80an.

16. film indie di “bioskop pribadie”
bila film indie yang ingin anda tonton tak kunjung diputar di jaringan bioskop, jangan patah semangat. kunjungi indies DVD movie (www.indiesmovie.com). selain koleksinya lengkap, juga ada bioskop mini.

17. berwisata demo
wisata demo di gedung DPR? itu kunio! tempat demo paling hype di jakarta adalah bundaran HI. hampir setiap minggu di tempat ini ada demo. tak jarang di bundaran yang tak seberapa besar tersebut digelar lebih dari satu demo, sehingga dibutuhkan tanda booking kapling bila ingin berdemo di sini. tanda tanda sedang ada demo? kemacetan yang lebih panjang.

18. tanah abang tempat beli kaen
pasar tanah abang yang dijuluki sebagai pasar grosir tekstil terbesar di asia tenggara. sudah sejak tahun 1735,pasar ini sudah dikhususkan sebagai tempat jualan kaen alias tekstil. tak heran, perputaran uang mencapai miliara rupiah dalam seharinya.

19. Si raja jalanan tidak lagi berisik
di era 70 dan 80an, bus kota bergelar raja jalanan karena ulahnya yang ugal ugalan. gelar tersebut kini milik bajaj, juga karena alasan yang sama. bahkan ada anekdot “hanya sopir bajaj dan tuhan yang tahu, ke mana bajaj akan membelok.” sempat ada kabar “bajaj pasti berlalu” alias dilarang karena alsan polusi. namun, kehadiran bajaj bahan bakar gas yang diklaim ramah lingkungan menampikan kabar tersebut. sayangnya hanya bodi dan mesin saja yang baru. perilaku pengemudinya? lebih mirip “monyet jalanan” karena sering diteriaki monyet oleh pengendara lain.

20. jazz gratis di kuningan
setiap hari jumat malam, friday jazz night digelar di food court pasar festival, kuningan, jakarta selatan. acara ini dimulai pukul 19.00 WIB. walau gratis musisi yang mengisi acara ini sangat kondang, yaitu ireng maulana and friends.

21. film lawa di kine forum
sjak maret 2007, digelar program ‘menolak hilang ingatan’, di studio 1TIM21- taman ismail marzuki ini sepgai upaya preservasi film film indonesia. klik saja www.dkj.o r.id untuk informasi lebih lanjut.

22. kampung b etawi setu babakan
ingin mendalami budaya betawi asli? datang saja ke perkampungan budaya betawi seru babakan yang berlokasi di srengseng sawah, kecamatan jagakarsa, jakarta selatan. di jamin ente bakalan puas diempanin yang asik2 soal betawi, dari makanan ampe budaye, gak ada matinye!

23. kenyang makan seafood di muara karang
hidangan seafood identik dengan harga yang mahal. namun itu tak berlaku di muara karang. anda dapat langsung berbelanja ikan segar di pasar, lalu membawanya ke kedai makan yang terdapat di sekitar pasar. untuk menu bakar, cukup membayar Rp 7000 -rp 10000 per kilo ikan atau udang. itupun sudah termasuk nasi putih hangat, serta aneka sambal dan lalap. sluurrrpp!!

24. maniak ja kmania
di musim kompetisi sepak bola, pemandangan konvoi suporter yang berbondong bondong menuju stadion, jamak adanya. tak terkecuali para jakmania, sebutan bagi suporter persija, yang kondang dengan atribut serba orange menyala.

Selingan
UJI NYALI
bagi anda yang merasa fil horor tidak menyeramkan lagi, coba uji nyali di sejumlah tempat yang konon seram. catatan: resiko ditanggung sendiri.

25. terowongan ca saablanca
terletak di persimpangan tumpuk di bawah jalan HR Rasuna Said. kabarnya, keangkerannya disebabkan oleh seorang pria yang gantung diri menggunakan kain spanduk. sudah difilmkan loh!

26. kuburan jeruk purut
terkenal engan hantu pastor kepala buntung yang senang menyapa mereka yang nekat datang jumat malam dalam jumlah ganjil (sendiri atau bertiga). lagi2 sudah beredar di bioskop.

27. RS Cipto Mangunkusumo
namanya, memang rumah sakit. namun, dari sinilah asal usul legenda hantu suster ngesot. bangunannya yang kuno memang menyiratkan keangkeran, tapi bagi para pencari wangsit judi togel, ini tempat ideal mencari nomor! aya aya wae!

oke normal lagi yah gan

28. world class events
kalau digadang gadang dengan kota lain di dunia, jakarta tak kalah dalam hal pertunjukan kelas dunia. event jazz internasional saja ada dua setiap tahun. belum lagi sederetan artis luar negri. travel warning? apaan tuh?!

29. pertunjukan jam plaza senayan
sejak tahun 90an sampai sekarang, pengunjung mal disuguhi pertunjukan unik tiap jam: menonton pertunjukan jam besar dengan dentingan musik klasik, dan tarian patung anak anak, yang merupakan mekanisme lonceng jam tersebut.

30. pesta kebuli condet
kalau dulu warga arab0betawi banyak yang bermukim di kawasan kebon pala, tanah abang dan kebon nanas, jatinegara, kini sebagian besar hijrah ke batu ampar, condet, jakarta timur. itu sebabnya anda dapat berwisata kuliner arab, menikmati nasi kebuli, biryani, harisa, serta roti jala, plus kari kambing.

LAKI-LAKI YANG MENJADI SANSAK LATIHAN TINJU

RADAR JAMBI: TONI.S
Tertekan dengan masalah kantor? Atau Anda sedang patah hati? Disaat seperti ini biasanya Anda membutuhkan tempat untuk meluapkan emosi. Seorang laki-laki asal Cina menawarkan bisnis barunya kepada para perempuan yang sedang emosi atau mengalami stres. Ia menyewakan dirinya sendiri untuk dijadikan samsak tinju bagi para perempuan yang sedang mengalami masalah tersebut.
sehari-hari bekerja sebagai seorang pelatih fitnes di kota Shenyang, propinsi Liaoning. Entah darimana datangnya ide tersebut, namun yang pasti ia memang sedang berusaha mencari peluang bisnis baru tanpa harus meninggalkan pekerjaan lamanya. " Side job ini sesuai dengan dengan pekerjaan sehari-hari saya. Lagi pula saya juga memerlukan sparring partners ,” ucapnya kepada Liaoshen Evening Post
"Dengan menjadi samsak bagi para perempuan, saya bisa mendapatkan uang lebih sekaligus mempraktekkan keterampilan bela diri saya dan bekerja di tempat fitness pada waktu yang bersamaan," lanjut lelaki yang belum mengatakan kepada keluarganya mengenai bisnis barunya ini.

Untuk jasanya menjadi tempat luapan emosi ini, Xiao Lin mematok harga sebesar 100 yuan atau sekitar 9 poundsterling selama 30 menit. Dan sejak diluncurkan bisnis barunya ini, ia mengaku telah mempunyai dua orang pelanggan.

"Yang pertama perempuan berusia sekitar 25 tahun. Dia membayar untuk setengah jam namun tidak lama kemudian ia merasa letih dan malah menghabiskan sisa waktunya bercengkrama dengan saya," ujar Xiao Lin mengenai pelanggan pertamanya.

Begitu pula dengan pelanggan keduanya yang juga hanya mampu bertahan beberapa menit saja. Namun diakui Xiao Lin keduanya terlihat lebih merasa bahagia setelah mereka meluapkan emosinya dengan menjadikannya sebagai samsak tinju. Menurut Xiao Lin, cara ini sangat baik dilakukan orang-orang untuk mengeluarkan energi mereka.

WAJIB ANDA BACA'' TEKNIK MEMBACA CEPAT

RADAR JAMBI: TONI.S

http://4.bp.blogspot.com/_CrXkzM39DVs/SsqxAZCun3I/AAAAAAAAAT4/tZxEvfKG0sU/s400/speedreading+man.gif

Untuk menjadi profesional di bidang apapun, Anda dituntut aktif membaca. Berapa banyak bacaan yang harus Anda baca setiap hari? Surat kabar, buku, surat-surat, memo, proposal, laporan,
draft presentasi, diktat-diktat pelatihan sampai e-mail . Namun, keterbatasan waktu, tidak memungkinkan Anda melahap semua bacaan dalam waktu singkat. Maka membaca cepat, pada akhirnya membaca cepat menjadi kebutuhan mutlak. Pada dasarnya untuk membaca cepat dibutuhkan 2 hal penting yaitu
1) Kemampuan membaca lebih cepat dalam waktu singkat dan 2) Kemampuan men- scan isi tulisan. Berikut ini diuraikan Tips menguasai teknik membaca cepat:

1. Melatih Kecepatan.

Berapa kata per menit yang bisa Anda baca? 100, 200? Hm, masih kurang banyak. Para pakar sepakat, Anda baru bisa dibilang bisa membaca cepat bila kemapuan membaca Anda berkisar 250-300 kata per menit. Ada teknik yang bisa diterapkan. Salah satunya dengan berusaha membaca beberapa blok katasekaligus. Apakah bisa? Bisa. Karena berdasarkan penelitian, ternyata otak Anda membaca kata per kata, bukan huruf per huruf. Jadi aturan huruf pada kata tidak penting, cukup huruf pertama dan terakhir yang harus berada pada tempatnya. Meski hurufnya tidak beraturan, tapi bila huruf pertama dan terakhir benar, otak Anda bisa membacanya. Contoh seperti ini, kata ‘bgaus’meski hurufnya tidak berurutan, otak langsung bisa membacanya dengan benar segabai kata, ‘bagus’. Luar biasa bukan? Hal ini menurut salah satu pendapat ada kaitannya dengan teori associative memory otak banyak bekerja dengan mengasosiasikan suatu informasi dengan informasi lain yang sudah lebih dahulu tersimpan dalam memori.
Itulah emgnapa Anda tidak kesulitan membaca SMS yang pelit dengan huruf. Untuk bisa membaca cepat, Anda perlu berlati. Caranya mudah. Saat latihan, cobalha membaca seepat-cepatnya, dan berilah target setinggi-tingginya. Misalnya dalam satu menit, Anda menargetkan harus bisa menyelesaikan membaca satu artikel surat kabar. Bila ada paragraf atau bagian yang penting, turunkan kecepatan membaca agar Anda bisa memahami maknanya.


2. Kemampuan


Scanning . Membaca melibatkan partisipasi aktif, sehingga seluruh emosi, hasrat dan minta juga harus terlibat dalam proses membaca. Namun keterbatasan waktu, membuat Anda sebaiknya selektif dan efektif dalam membaca, sehingga dengan tenggang yang sama, Anda bisa mengambil inti dari lebaih banyak bacaan. Kecuali untuk buku fiksi atau sastra yang memang ingin Anda nikmati jalinan cerita, emosi dan rangkaian kata-katanya. Pada dasarnya teknik men-scan ini hanya meminta Anda untu melihat pokok dari isi suatu tulisan. Ada teknik yang bisa diterapkan dalam membaca bacaan, dari mulai artikel surat kabar, buku dan kertas kerja, seperti diuraikan beriktu ini:
A) Membaca Artikel Di Surat Kabar/Majalah. Umumnya tulisan di surat kabar dan majalah berupa artikel. Satu surat kabar saja sudah terdiri atas banyak artikel, jadi tidak mungkin Anda melahap semuanya. Cara menyiasatinya, perhatikan konstruksi tulisan tersebut. Umumnya artikel terdiri atas judul, pendahuluan, isi dan penutup. Pertama kali, tentu membaca judulnya. Kemudian, arahkan mata Anda ke pendahuluan. Bagian pendahuluan mencerminkan isi dari keseluruhan tulisan. Pendahuluan sangat penting dibaca karena dari sini Anda tahu ke mana arah artikel ini. Bila pendahuluan tidak terlalu menarik minat karena mungkin Anda tidak memerlukan informasi tersebut, segera alihkan pandangan mencari topik yang lain. Namun, bila informasi tersebut penting dan sesuai dengan kebutuhan, bacalah isinya secara tuntas sampai pada kesimpulan.
B. Membaca Buku.
Buku mempunyai isi jauh lebih banyak dari artikel. Konstruksi buku terdiri dari cover, daftar isi, isi dan back cover. Seperti artikel, cover juga penting untuk dibaca. Karena dari sini Anda bisa menentukan, apakah buku tersebut menarik untuk dibaca atau sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Bila jawabannya tidak, segera letakkan buku tersebut, dan carilah buku lain. Tapi, bila ya, Anda bisa membaca cover belakangnya. Dari sini, Anda bisa tahu secara ringkas isi buku tersebut. Dan selanjutnya yang perlu dibaca adalah:
1) Biografi Penulis.
Untuk mengetahui background pendidikan, pengalaman dan kegiatan penulis, sehingga memudahkan Anda mengatur alur pemikiran yang dituangkan dalam buku tersebut.
2) Bagian Awal Buku
, yang terdiri dari kata pengantar dan prakata (prolognya). Kenanyakan orang melewatkannya. Padahal , bagian ini perlu disimak. Karena disinilah penulis merangkum intisari seluruh gagasan tentang tema buku tersebut.
3) Daftar Isi
yang menjadi kerangka buku. Bacalah daftar isi dengan teliti untuk melhat apakah topik-topiknya sesuai dengan yang dicari. Saat melihat daftar isi, Anda bisa menentukan apakah hanya membaca sebagian atau keseluruhan buku. Kalau informasi yang dibutuhkan tidak banyak, lihat saja yang perlu dibaca, dan abaikan selebihnya.
4) Indeks
lihatkah apakah ada kata-kata kunci yang menarik bagi Anda. Begitu mulai membaca, hindari membaca kata-per-katadan kalimat per kalimat. Cobalah tangkap sekelompok kata dengan mata setiap kali menggerakannya. Apalagi untuk buku berbahasa asing. Anda tidak perlu menerjamahkan kata demi kata karena akan menghambat penyerapan informasi ke dalam otak.
5) Konsentrasikan Pada Kalimat Pertama dan Terakhir Dari Sebuah Paragraf.
Atau lihatlah keseluruhan badan paragraf, kemudian tangkap pesan intinya. Anda bisa bebas melompati materi yang sudah diketahui atau tidak diminati. Pada bagian yang menurut Anda penting, Anda bisa lebih cermat membaca dan mencerna lebih dalam maknanya.
6) Siapkan stabilo atau alat tulis untuk menandai informasi
atau apa saja yang ingin dilihat. Pahami jalan pikiran penulis. Semakin cepat Anda mengetahui topik, tujuan pokok masalah dari materi yang dibaca, makin baik pemahaman dan ingatan Anda akan hal itu. Kalau perlu buatlah ringkasan sambil membaca. Untuk mempermudah menggunakan buku tersebut sebagai referensi, catat isi buku tersebut dalam buku catatan yang dapat disimpan dan dilihat setiap saat.

C. Mengelola Kertas Kerja.

Kertas kerja sama pentingnya dengan buku dan artikel lain. Bila tidak bisa mengelola secara cermat, Anda akan dihujani oleh kertas kerja yang menumpuk di meja. Yang menjadi bagian kertas kerja termasuk surat, memo, brosur, fax dan email. Prinsip dasarnya sama seperti terhadap bacaan lain, screening. Idealnya, memang ada staf yang menyaring dengan cepat kertas kerja apa yang boleh masuk dan mana yang terlarang untuk Anda. Bila tidak ada, Anda bisa memilahnya dengan cepat. Baca saja pendahuluan dan paragraf terakhir. Sisihkan waktu paling banyak sekitar satu jam untu membaca kertas kerja.
Seperti keterampi lan lain, kemahiran membaca membutuhkan jam terbang. Kuncinya hanya satu : berlatih, ingat
Practice makes Perfect!
Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar