Minggu, 29 Agustus 2010

RINGKASAN BERITA LENGKAP

Salah satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Bambang Widjojanto, menyatakan siap untuk menerima semua risiko terberat bila terpilih menjadi pimpinan. Bahkan, bila harus sampai mengorbankan nyawanya sendiri, maka Bambang siap.

Hal ini dikemukakan Bambang Widjojanto saat menjalani tes wawancara seleksi pimpinan KPK di Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/8/2010).

"Sewaktu saya menjadi pimpinan LBH Papua untuk memberikan bantuan hukum di sana, alhamdulillah saya selamat, padahal saya adalah target. Urusan mati itu prerogatif Allah. Kalau itu yang menjadi taruhannya, saya ikhlas. Saya ingin menyumbangkan kontribusi buat negara ini," kata Bambang di hadapan seluruh Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

Saat memberikan pernyataan demikian, Bambang terlihat tak kuasa menahan haru. Matanya sempat berkaca-kaca saat menjawab pertanyaan di depan 13 anggota Pansel Pimpinan KPK.

Bambang kemudian secara tegas mengatakan, bila terpilih, maka dia siap menegakkan hukum dengan memberantas korupsi di empat sektor yang paling potensial, yakni sektor pendidikan, perhubungan, kesehatan, dan infrastruktur.

Dia kemudian memaparkan, upaya pemberantasan korupsi di KPK masih bisa ditingkatkan secara optimal. Menurutnya, upaya pemberantasan korupsi bukan pada penindakan secara hukum semata, melainkan juga sosialisasi dan riset penelitian.

"KPK kan punya fungsi penelaahan dan penelitian. Kalau ini digabungkan dengan penindakan, ini bisa jadi hebat," tuturnya.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 11.22.00
INVESTASI SAWIT MALAYSIA TERANCAM DI BEKUKAN
Hubungan Indonesia dengan Malaysia yang kurang harmonis belakang ini, menurut Direktur Eksekutif Greenomics, Elfian Effendi, bisa memengaruhi investasi perkebunan sawit negeri jiran itu di Indonesia.

"Jika pemerintah Indonesia tegas terkait dengan hubungan diplomatik dengan Malaysia, saya pikir pemerintah bisa saja membekukan 2,1 juta hektare izin usaha sawit yang saat ini dipegang investor Malaysia," kata Elfian di Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Saat ini, Malaysia terus melakukan upaya ekspansi lahan sawit di Indonesia. Bahkan, kata Elfian, Pemerintah Malaysia secara resmi meminta kemudahan-kemudahan eskpansi lahan sawit tersebut kepada Wakil Presiden Boediono pada akhir Juni 2010.

Investor Malaysia menguasai sekitar 15-20 persen dari total lahan sawit di Indonesia seluas tujuh juta hektare. Luasan areal sawit delapan persen milik PTPN dan 34 persen petani.
Jika izin-izin sawit itu tersebut dibekukan, seluruh TKI yang bekerja di Malaysia bisa dipulangkan ke Indonesia, dan sebagian besarnya bisa dilibatkan dalam melanjutkan bisnis usaha sawit milik Malaysia tersebut.

Hal itu menunjukkan ketergantungan Malaysia dalam masalah ekonomi terhadap Indonesia, terutama kebutuhan akan tenaga kerja (TKI) yang sangat tinggi sebagian besar bekerja di perkebunan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman juga menyatakan, jika Malaysia tidak segera minta maaf, justru akan merugi karena kemajuan Malaysia sangat bergantung pada Indonesia, terutama di sektor ekonomi. Hayono menyebutkan Malaysia sebagai negara pengekspor minyak sawit terbesar di dunia akan mengalami penurunan produksi karena sebagian besar tenaga kerja yang digunakan adalah tenaga dari Indonesia.

Hubungan Indonesia-Malaysia memanas karena berbagai masalah, terutama terkait dengan kasus perbatasan yang berakhir pada penangkapan tiga petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau di Tanjung Berikat. Selain itu, kasus yang mencuat adalah ancaman hukuman mati bagi ratusan TKI di Malaysia. Sejumlah kalangan meminta pemerintah Indonesia mengambil sikap tegas terhadap Malaysia, bahkan terjadi sejumlah aksi massa di Kedutaan besar Malaysia.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 11.13.00
Prospek Pasar Laptop Semakin Top
Menguatnya daya beli konsumen berdampak pada penjualan notebook atau laptop. Merujuk data International Data Corp (IDC), kuartal II 2010, penjualan laptop konsumer melejit 35,45 persen dari 753.000 unit menjadi 1,02 juta unit. Di kuartal sebelumnya, penjualan laptop konsumer juga menanjak 32,5 persen mencapai 993.000 unit dari penjualan kuartal I 2009.

Meski tak setinggi di segmen konsumer, penjualan penjualan laptop bisnis (commercial) juga menanjak. Pada kuartal I 2010, penjualan laptop bisnis mencapai 82.000 unit, naik 16,31 persen dibanding penjualan kuartal I 2009 yang sebanyak 70.500 unit. Peningkatan berlanjut di kuartal II 2010, di mana penjualan laptop bisnis mencapai 88.000 unit, naik 15,78 persen dari periode sama tahun lalu.

Dengan demikian, total penjualan laptop semester I 2010 mencapai 2,18 juta unit, tumbuh 32,46 persen dibandingkan dengan total penjualan laptop semester I 2009 yang sebesar 1,6 juta unit.

Laptop low end seharga 400 dollar AS ke bawah masih merajai pasar dengan pangsa 45 persen. Lalu laptop seharga 400-500 dollar AS menguasai 30 persen pasar. Sementara laptop high end yang harganya di atas 700 dollar AS mengambil porsi 25 persen.

Menurut Andreas Diantoro, Direktur Pengelola Dell Asia Tenggara, kenaikan ini terjadi karena laptop tak lagi menjadi barang mewah di Indonesia. Baik karyawan, mahasiswa, inaupun pelajar mulai beralih dari desktop ke laptop.

Di sisi lain, harga laptop pun kian melandai. Saat ini, netbook sudah bisa dibeli mulai Rp 2,5 juta per unit. "Harga ini terendah di Asia Tenggara," ujar Andreas kepada Kontan, Selasa (27/7/2010).

Pada kuartal I 2010, Dell berhasil menguasai pangsa pasar 6 persen di segmen konsumer dan 30 persen di segmen bisnis.

Kian Merekah di Semester II

Andreas optimistis, penjualan laptop masih akan merekah di semester II. Hal ini didorong oleh musim masuk sekolah di pertengahan tahun. "Lazimnya setiap kuartal ada pertumbuhan 10 persen dari kuartal sebelunmya," katanya.

Dia memperkirakan total pasar laptop bisnis dan konsumer tahun ini mencapai 4,3 juta unit. Dari jumlah tersebut, Dell menargetkan pangsa pasar laptop konsumer sebesar 10 persen.

Untuk mencapai target ini, Dell gencar merilis produk baru. Sejak Februari silam, Dell merilis laptop konsumer Alienware untuk pecinta game. Harganya 1.000-2.500 dollar AS per unit.

Kenaikan permintaan laptop juga dirasakan PT Techking Enterprises Indonesia, distributor Toshiba. Gunawan Nugroho, Presiden Direktur Techking, bahkan menargetkan, penjualan Toshiba tahun ini bisa tumbuh 80 persen.

Sepanjang kuartal I 2010 pangsa pasar Toshiba mencapai 15 persen. Gunawan mengakui, pertumbuhan yang signifikan tahun ini dikarenakan harga yang melandai. Misal, harga laptop konsumer Toshiba yang di tahun 2008 dijual 700 dollar AS per unit, pada tahun ini sudah turun menjadi 500 dollar AS per unit.

Memanfaatkan momen tingginya permintaan laptop, Techking menargetkan Toshiba bisa menguasai 20 persen pangsa pasar laptop di Indonesia di akhir tahun 2010. Untuk mencapai target tersebut, Techking akan banyak melansir produk baru. Yang terbaru, Jumat silam (23/7/2010) Toshiba merilis Portege T210 untuk game dan multimedia seharga Rp 7,29 juta per unit. Lalu akan menyusul produk Libretto W100 dan Portege R700.(KONTAN/Gloria Haraito)

Penjualan Laptop Berdasarkan Segmen
Segmen Konsumer

Q1 (unit)

Q2 (unit)

Total (unit)
2010

993.000

1.020.000

2.013.000
2009

749.000

753.000

1.502.000
Pertumbuhan

32%

35%

34%

Segmen Bisnis

Q1 (unit)

Q2 (unit)

Total (unit)
2010

82.000

88.000

170.000
2009

70.000

76.000

146.000
Pertumbuhan

17,1%

15,7%

16,4%



Tren Penjualan PC (notebook dan desktop) di Indonesia
Tahun

Jumlah

Pertumbuhan
2010

5,1 juta

53 %
2009

3,3 juta

36 %
2008

2,4 juta

n/a

Sumber: IDC, Riset Kontan
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.40.00
Warnet Kian Tergerus Internet Ponsel
Bisnis warung internet semakin terpojok. Berdasarkan survei Yahoo!-TNS Net Index Indonesia atas ribuan penduduk Indonesia berusia 15-50 tahun, porsi pengakses internet di warnet turun dari 83 persen menjadi 64 persen. Sebaliknya, porsi pengakses internet dari ponsel melonjak dari 22 persen tahun lalu menjadi 48 persen.

Saat ini, jumlah pengguna internet di Indonesia 24,5 juta orang. Dari jumlah ini, sekitar 15 juta di antaranya adalah pengguna mobile internet.

Irwin Day, Ketua Umum Asosiasi Warung Internet Indonesia (AWARI), mengatakan, peralihan pengguna ini terjadi seiring kian murahnya perangkat dan pulsa ponsel. "Wajar kalau infrastruktur mobile bagus, warnet pasti turun," kata Irwin, Rabu (11/9/2010).

Menurutnya, pengusaha warnet yang paling terpukul adalah yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Maklum, berinternet via ponsel telah jadi tren di kota besar.

Sejauh ini, belum ada data konkret mengenai jumlah warnet bangkrut akibat peralihan ke internet ponsel. Namun, sebagai gambaran, Irwin mencontohkan, seorang pengusaha warnet di Bogor terpaksa mengoperasikan separuh dari 50 komputernya lantaran pemasukan tak cukup untuk menutupi biaya operasional.

Sebetulnya, menurut Ketua Bidang Sumber Daya Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Valens Riyadi, jumlah pengguna warnet juga meningkat. "Semuanya meningkat, tetapi yang paling pesat perkembangannya adalah internet ponsel," katanya.

Pertumbuhan pengguna internet ponsel memang luar biasa pesat. Teguh Prasetya Mukti, Group Head Brand Marketing PT Indosat Tbk, mengatakan, penggunaan mobile internet mereka naik 100 persen ketimbang 2009. Kini, server Indosat menangani lalu lintas informasi sebanyak 21 terrabyte per hari.

Pertumbuhan lebih tinggi dicapai Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia. Menurut Direktur Utama PT Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, pengguna internet broadband mereka naik 165 persen dibanding 2009. "Penurunan pengguna warnet sama dengan wartel yang berkurang karena maraknya ponsel," ungkap Sarwoto.

Kenaikan pengguna mobile internet ini terjadi setahun terakhir. Cuma, pengguna internet umumnya hanya memakai ponsel untuk membuka situs jejaring sosial. Untuk aktivitas browsing, mengunduh data, dan sebagainya, mereka masih memakai komputer.

Toh, menurut Irwin, pengusaha warnet punya banyak cara untuk bertahan. Misalnya, mereka melakukan diversifikasi dengan menawarkan online game atau berpindah ke daerah yang lebih kecil yang prospek warnetnya masih cukup menjanjikan. (KONTAN/Indira Prana Ning Dyah, Naomi Theresa)
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.39.00
pengguna seluler (hp) pbelum tau hak nya
Pengguna jasa telekomunikasi seluler di Indonesia belum sepenuhnya sadar terhadap hak-hak mereka sebagai konsumen. Pemahaman mereka terhadap hak dan kesadaran untuk menuntut layanan sebagaimana mestinya juga dinilai masih rendah.

Pemilik Sentra Komunika dan praktisi telekomunikasi Sutikno Teguh di Bandung, Senin (5/7/2010), menjelaskan, dalam penerapan sistem roaming misalnya, pengguna telepon seluler kerap tak menyadari bahwa biaya yang mereka keluarkan bisa saja lebih mahal karena menggunakan nomor dari luar kota.

"Seperti tarif panggilan nomor seluler Surabaya yang dipakai di Bandung, lebih mahal. Berbeda kalau menelepon dari nomor Bandung juga, tarifnya normal," ujarnya. Jika terkena roaming karena menelepon dari nomor kota yang berbeda, konsumen seluler dibebani tarif interlokal.

"Kalau pakai tarif normal misalnya sebesar Rp 900 per menit, panggilan dengan nomor dari luar kota bisa sebesar Rp 1.200 per menit tapi konsumen tak sadar," tutur Sutikno.

Selain itu, dalam layanan nada sambung pribadi, operator kerap tidak mengingatkan konsumen jika masa berlaku layanan itu sudah hampir berakhir. Konsumen hanya diberi tahu dikenakan biaya karena layanan diperpanjang namun tanpa persetujuan mereka.

"Kalau kesadarannya tinggi, konsumen sebenarnya bisa mengadu dengan mengajukan class action ke pengadilan," katanya.

Karena itu, menurut Sutikno, perwakilan konsumen atau consumer board perlu dibentuk. Langkah lain yang diperlukan yakni audit terhadap operator dan jaringannya. Kementerian Komunikasi dan Informatika dianggap punya wewenang melakukan audit.

"Sementara, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) juga belum berbuat banyak terhadap pemenuhan hak-hak konsumen secara optimal," kata Sutikno.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.37.00
SUKARNO BERNAH BERKATA GANNYANG MALAYSIA
Pemerintah Malaysia mulai mengantisipasi dampak aksi unjuk rasa di Indonesia yang dilakukan di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta serta sejumlah kantor perusahaan asal Negeri Jiran tersebut. Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman, Rabu (25/8/2010), menyatakan, pihaknya akan mengeluarkan travel advisory jika perlu.

"Kami akan memonitor situasi tersebut. Untuk sementara waktu, setelah melihat apa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, saya akan sarankan kepada warga Malaysia untuk tidak berkunjung ke Indonesia kecuali ada urusan penting yang harus dilaksanakan," ujarnya seperti dilansir situs web Kantor Berita Bernama. Peringatan tersebut dikeluarkannya setelah aksi demontrasi di Indonesia sampai membakar bendera Malaysia dan pelemparan kotoran manusia.

Selama beberapa hari terakhir, Kantor Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta memang selalu dikepung pengunjuk rasa. Aksi pengunjuk rasa sampai membakar bendera Malaysia sangat disayangkan Pemerintah Malaysia. Demonstrasi tersebut ditakutkan juga meluas ke sejumlah gedung perusahaan asal Malaysia, seperti Bank CIMB Niaga dan Petronas serta kediaman Duta Besar Malaysia.

Bernama melansir, di Malaysia juga beredar kabar bahwa ada organisasi massa yang akan melakukan sweeping terhadap warga negara Malaysia di Jakarta. Jurnalis Malaysia telah diingatkan untuk tidak mendekati para demonstran tersebut. Semua mahasiswa asal Malaysia juga disarankan agar tidak melintasi Jalan Diponegoro, Menteng, untuk menghindari kemungkinan menjadi target sweeping. Direktur Departemen Mahasiswa Malaysia di Indonesia, Dr Junaidy Abu Bakar, juga telah menyarankan semua mahasiswa asal Malaysia agar pergi secara berkelompok dan segera melapor jika merasa terancam.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.32.00
Krisis Diplomasi Hatta Ogah Komentar Soal Malaysia
Menteri koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa sama sekali tidak berkomentar ketika diminta tanggapannya mengenai kemungkinan keluarnya travel advisory ke Indonesia dari Malaysia kepada warga negaranya.

"Ah, enggak. Jangan menjawab sesuatu yang bersifat kalau. Itu urusan Menkopolhukam, " tuturnya di kantor kementerian, Kamis (28/6/2010). Selanjutnya, Hatta tak menjawab sepatah kata pun ketika ditanyai kemungkinan dampaknya bagi perekonomian Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Anifah Aman dilaporkan telah mengeluarkan imbauan atau travel advisory kepada warganya untuk tidak berkunjung ke Indonesia.

Imbauan ini dikeluarkan menyusul maraknya berbagai unjuk rasa di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, terutama ketika sekelompok pendemo melemparkan kotoran manusia ke dalam lingkungan kedutaan. Warga Malaysia disarankan untuk tidak berkunjung ke Indonesia kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.31.00
MALAYSIA-MALAYSIA Ancaman 'Travel Advisory' Provokatif
Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa menilai ancaman pemberlakuan travel advisory bagi warga Malaysia yang akan berkunjung ke Indonesia sebagai sikap Malaysia yang berlebihan dan bernuansa provokatif.

"Tindakan itu sangat berlebihan. Kita berharap Malaysia tidak melakukan tindakan provokatif," Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa kepada wartawan di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Menurut Saan, Malaysia sebaiknya tidak melakukan tindakan provokasi terkait dengan memburuknya hubungan kedua negara setelah insiden pelanggaran wilayah perbatasan yang dilakukan oleh polisi Diraja Malaysia, 14 Agustus.

Sebelumnya, Menlu Malaysia Anifah Aman menyatakan, jika perlu akan mengeluarkan travel advisory terkait dengan kian maraknya aksi demo yang dilakukan masyarakat Indonesia terhadap kedutaan maupun konsulat negara itu. Anifah memperingatkan, pihak Malaysia tidak akan menoleransi lebih lama lagi jika aksi terus berlangsung.

Saan menjelaskan, penyelesaian diplomatik atas insiden tersebut harus dikedepankan agar keadaan tidak semakin memburuk. Akan tetapi, kata dia, Malaysia juga harus menghormati kedaulatan wilayah Indonesia dengan tidak memancing-mancing ketegangan di kawasan Tanjung Berikat, Pulau Bintan, di Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Ketika ditanya tindakan yang harus diambil Pemerintah Indonesia, Saan mendesak Kementerian Luar Negeri bertindak lebih tegas dari apa yang telah dilakukan saat ini.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR Sutan Batoeghana menyatakan tidak setuju kalau masyarakat Indonesia langsung mengancam untuk perang dengan Malaysia. Menurut dia, terlalu berlebihan kalau ada unsur masyarakat yang menuntut pemerintah untuk menyatakan perang dengan negara tetangga itu.

Batoeghana menyatakan, masih banyak pilihan lain selain perang yang bisa dilakukan, termasuk dengan meningkatkan diplomasi ke arah yang lebih tegas. "Jangan sedikit-sedikit perang. Tidak semudah itu untuk mengambil keputusan perang," katanya.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.28.00
Krisis Diplomasi Ancam Travel Advisory, Pengalihan Isu
Anggota Komisi Pertahanan dan Luar Negeri (Komisi I) DPR, Ahmad Muzani mengatakan, travel advisory yang dipertimbangkan pemerintah Malaysia merupakan bagian dari usaha mengalihkan isu.

Isu sentral gesekan yang memanaskan hubungan antara Indonesia-Malaysia adalah pelanggaran kedaulatan yang dilakukan oleh polisi Malaysia. "Malaysia sedang melakukan politik yang berbahaya. Mereka mengalihkan isu untuk tidak masuk ke substansi persoalan yang sesungguhnya," kata Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Ketersinggungan Malaysia atas aksi yang dilakukan salah satu LSM di Kedutaan Besar Malaysia, menurut Muzani, merupakan hal yang berbeda dari persoalan yang sesungguhnya. "Bahwa ada aksi yang melanggar etika dengan pelemparan kotoran, bisa diselesaikan secara hukum. Tapi seharusnya Malaysia tahu, demo itu karena ada pelecehan terhadap kedaulatan dan petugas negara kita, substansinya disitu," kata Sekjen Partai Gerindra ini.

Pernyataan kemungkinan dikeluarkannya imbauan larangan bepergian ke Indonesia dipandang tak terkait dengan substansi masalah kedua negara. Pemerintah dan diplomat Indonesia diminta tak terpancing. Bahkan, ia menganjurkan, pemerintah tak memberikan tanggapan atas ancaman Malaysia.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.28.00
Krisis Diplomasi Din: Malaysia Tanggung Jawab Presiden
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin melayangkan kritik keras kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden dinilai tak responsif terhadap persoalan kedaulatan yang sangat sensitif.

"Selama ini, Presiden paling repsonsif terhadap isu kecil. Video mesum ditanggapi. Tapi untuk isu kedaulatan ini, kenapa tidak menggelar konferensi pers dan mengambil langkah. Ini bukan kepemimpinan yang baik," kata Din seusai menghadiri diskusi kedaulatan di Gedung MPR, Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Presiden, tegas Din, harus mengambil alih tanggung jawab. Ia mengatakan, sikap Presiden yang justru menyalahkan para pembantunya, yaitu menteri-menteri, dalam merespons perselisihan dengan Malaysia tak seharusnya dilakukan seorang pemimpin.

Pernyataan Din ini terkait dengan pernyataan Presiden SBY yang menyebut para menterinya tak responsif menanggapi isu yang berkembang di masyarakat beberapa hari lalu. "Untuk kasus dengan Malaysia, tanggung jawab ada pada Presiden. Seharusnya dia tidak menyalahkan pembantunya. Saya prihatin dengan pola kepemimpinan seperti ini. Sebagai top leader, dia sendiri tidak mengambil langkah," ujar dia.

Lambannya para menteri merespons dan menyikapi persoalan dengan Malaysia, diduga Din, karena para menteri menunggu sikap dan arahan dari Presiden. Untuk hal yang menyangkut harga diri dan kedaulatan bangsa, Presiden seyogianya mengambil kendali.

"Bukan didiamkan saja. Bisa diam, tapi perintahkan pembantunya untuk berbuat sesuatu. Untuk jangka panjang, kalau sikap kita seperti ini, kita akan menjadi bangsa yang terjajah," ujar Din. Pemerintah juga diminta mengambil pelajaran atas persoalan-persoalan yang terjadi dengan Malaysia berulang kali. "Kita tak bisa lagi diperlakukan inferior oleh Malaysia dan kamuflatif seolah-olah bersahabat," katanya.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.27.00
Tidak Cukup Pakai Diplomasi "Textbook"
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Paula Sinjal menilai diplomasi terkait perbatasan Republik Indonesia dengan negara lain yang dilaksanakan Kementerian Luar Negeri belum maksimal.

"Akibatnya, kedaulatan kita sering terciderai. Semestinya, jangan terlalu 'textbook diplomacy', tetapi juga butuh ketegasan dengan banyak menggunakan prinsip-prinsip yang telah kita anut berdasarkan sejarah sebagai bangsa yang bebas dan merdeka serta berdaulat. Jika tidak, kita akan terus dibuat pusing oleh Malaysia," katanya di Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Ia mengatakan itu terkait kasus penahanan tiga aparat Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI oleh Polisi Air Malaysia karena menangkap tujuh nelayan Malaysia. Nelayan Malaysia telah memasuki wilayah perairan Indonesia di dekat Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk mencuri ikan.

"Penjelasan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Dubes RI untuk Malaysia Da'i Bachtiar dan Konsul Jenderal (Konjen) RI di Johor, Malaysia di depan Rapat Komisi I DPR RI, Rabu (25/8/2010) kemarin, belum memuaskan publik. Masih ada yang tersembunyi, utamanya mengenai kinerja membangun citra Indonesia melalui pengawalan ketat wilayah kedaulatan serta martabat kita," katanya.

Penelusuran Tuntas

Saat ini, menurut Paula Sinjal, diperlukan upaya penelusuran tuntas oleh Pemerintah RI atas insiden tersebut. "Apalagi telah ada petunjuk kuat, para petugas resmi negara kita diborgol, dipakaikan baju penjara dan dijebloskan ke sel tahanan. Ini ’kan pelecehan. Mereka mungkin baik-baik saja, tetapi proses interogasi oleh kepolisian Malaysia, menunjukkan petugas kita disamakan dengan TKI ilegal atau penyelundup narkoba atau bahkan teroris," ujarnya.

Paula Sinjal meyakini adanya tindak kekerasan dan penyiksaan dalam format tertentu atau terbatas atas tiga petugas KKP ini berdasarkan informasi-informasi sejumlah jaringan yang cukup akurat, sehingga mengakibatkan ada salah satu petugas mengalami luka.

"Kita jangan berbicara terlalu permisif atau melembutkan hal yang keras, hanya untuk sesuatu yang tidak benar. Yang pasti, ada penangkapan, penyiksaan dan perlakuan tidak wajar dialami oleh tiga petugas KKP yang sedang menjalankan tugas mengamankan laut Indonesia. Itu dilakukan oleh aparat polisi negara asing di wilayah perairan kita. Ini kan pelecehan," katanya.

Ia juga mengungkapkan, Polisi Air Malaysia memang menganiaya petugas KKP dan kemudian menyandera mereka untuk ditukar dengan tujuh nelayan Malaysia yang tertangkap sedang mencuri ikan di perairan Indonesia. Hal ini, menurut dia, bukan baru satu kali saja terjadi, tetapi terus berulang serta berlaku di hal-hal lain, utamanya juga penindasan TKI. "Semua peristiwa yang sudah menumpuk ini, sekali lagi menurut hemat saya telah menciderai arti kedaulatan NKRI," katanya.

Ia juga menyayangkan, karena sudah jelas, warga negara Malaysia secara terang-terangan mencuri ikan di perairan yang notabene (de facto) wilayah NKRI dan itu merupakan tindak pelanggaran kedaulatan, sehingga seharusnya ada tindakan hukum tegas bagi pelanggarnya, ternyata tidak diapa-apakan.

"Malah dibebaskan tanpa syarat. Sebaliknya, petugas resmi negara RI yang menegakkan kedaulatan di wilayah kedaulatannya, ditangkap pihak asing dan diperlakukan secara tidak wajar. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tawar kita sebagai bangsa yang berdaulat akan semakin kurang diperhitungkan," ujarnya.

Paula Sinjal mempertanyakan, akankah sikap dan tindakan terus begini serta mau seterusnya kedaulatan Indonesia dilecehkan.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.26.00
JIMLY ASHIDIKY HANYA MENGINGIN KAN POSISI KETUA KPK

Calon Pimpinan KPK Jimly Ashidiqie menegaskan, jika terpilih, dia hanya menginginkan posisi Ketua KPK. Dia bersedia dipilih menjadi Pimpinan KPK bila memang posisi yang diisinya adalah sebagai ketua.

"Kalau saya tidak jadi ketua, saya akan mundur," kata Jimly kepada Panitia Seleksi Pimpinan KPK dalam tes wawancara di Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Menurut Jimly, dengan menjadi Ketua KPK, dia bisa memberi kontribusi lebih besar kepada KPK. Dia menyebutkan, bila terpilih, dia akan memperbaiki sistem supervisi dan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, kondisi KPK saat ini tengah "mutung" dalam koordinasi dengan sesama penegak hukum, Polri, dan Kejaksaan.

"KPK ini sekarang seperti jadi musuh bersama. Kita harus tata kembali hubungan antarpenegak hukum. Di samping menindak, KPK juga koordinasi, dia leading coordination, supervisi, dan mendidik," tegasnya.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 05.23.00
Rabu, 25 Agustus 2010
ARTIKEL YANG SANGAT PENTING UNTUK ANDA BACA
Info ini sangat penting bagi anda, jadi tolong sebarkan info ini kepada kerabat/teman baik anda, atau kepada semua temen anda di Facebook. Cara singkat untuk menyebarkan info ini ada pada bagian bawah tulisan ini:

Teknologi Internet saat ini bukanlah lagi barang mewah, sumua orang pasti sudah menggunakannya. Adalah Fecebook atau istilah kerennya FB salah satunya website Jejaring Sosial yang sangat banyak penggunanya, terutama di Indonesia. Kehadiran FB, dirasa manfaatnya oleh banyak orang, akan tetapi ada pula orang yang dirugikannya. Salah satu manfaat/keuntungan bergabung dengan FB ini adalah dapat menemukan kembali teman-teman lama dan menjalin hubungan dengan teman-teman baru, sebagai media promosi, atau ikut dalam sebuah gruop dan menjadi penggemar.

Permasalahannya adalah :

Dengan semakin banyaknya pengguna FB, semakin banyak pula tindak kejahatan dan kriminal yang dapat dilakukan. Ini semua karena adanya peluang dan awamnya para user dalam menggunakan FB. Tanpa disadari banyak sekali pengguna FB tertipu. Rata-rata mereka tertipu oleh grup yang merka ikuti. Grup-grup yang mereka ikuti adalah fiktif dan menjerumuskan pengguna kepada hal yang merugikan.
Misalnya ada user yang bergabung dalam group
+“Cara Membobol Password Faceebok Orang Lain”,
+“Mengubah Tampilan Facebook”,
+"Di add banyak ribuan orang dalam 1 x klik”,
Semua itu adalah grup bohong.

Nah group ini membantu Anda bagaimana menggunakan FB dengan baik agar terhindar dari penipuan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :
(1). Teliti, apakah GRUOP ini benar atau Fiktif,
(2). Lihat anggota yang telah ikut, contoh :

>a) jika itu group “ Cara Membobol Passwaord Facebook orang lain”, nah ini adalah grup yang paling berbahaya. Dipastikan user yang ikut grup ini malah akan bobol passwornya oleh creator/admin group. Karena telah banyak pengguna FB yang ikut dalam gruop ini kehilangan passwordnya. Cara kerjanya adalah, si cretor/admin memberikan petunjuk dan cara-cara bagaimana membobol password orang lain pada halaman berita atau info di group yang dibuat.

Contoh halaman Info grup meraka adalah sbb:

~~~~++++~~~~
“”Jika anda ingin mengetahui cara bobol password facebook teman-teman anda, ikuti Langkah-langkahnya :

- login ke email anda.
- Lanjutkan ke halaman mengirim pesan.
- Kirim email ke : xxxxxxxxxxx@yahoo.com
- bcc: cc: (biarkan kosong)
- Subject: PASSWORD RETRIEVE
- ISI PESAN :
* baris pertama tulis alamat email facebook anda.
* baris kedua tulis alamat email facebook korban.
* baris ketiga tulis password email anda.

CONTOH :
To : jebol_facebook@yahoo.com
Bcc: Bc : (biarkan kosong)
Subject : password retrieve
Isi :
id.useranda@yahoo.co.id (Email anda)
id.userkorban@yahoo.com (Email korban)
PASSUSERANDA (password anda). “
~~~~++++~~~~

Selanjutnya sang creator menyatakan bahwa dengan cara itulah untuk membobol/reset password orang lain, tapi yang sebenarnya malah password user dari pengukut group yang dibobol, karena user telah mengirimkan usename dan pessaword loginnya ke email yang dicantumkan si creator.

Berikut adalah beberapa alamat email yang harus di hindarai :
1. facebook_identity@yahoo.com
2. messageinbox@yahoo.com
3. jebol_facebook@yahoo.com
4. accountguide@ymail.com
5. radio_reggea@yahoo.com
6. (nanti akan terus saya update)

Logikanya : - Hacker hebat saja sulit untuk membobol password, apalagi newbie atau user yang baru pakai internet. – Pihak FB memiliki mesin server sendiri, jadi tidak mungkin menggunakan server lain semisal YAHOO atau sebagainya.
Jadi jangan pernah-pernah coba untuk ikut bergabung dengan grup ini.

>b) jika itu grup “Cara Mengubah tampilan Facebook” lihat apakah anggoata yang ikut grup itu tampilan Facebooknya berubah atau tidak, jika iya, menyatakan group itu adalah benar.(namun sampai saat ini pihak FB belum menyatakan, bahwa tampilan FB bisa di ubah oleh user).

>c) jika itu group “Di add ribuan orang dalam 1x Klik”, apakah anggota yang ikut juga telah memiliki anggota ribuan atau belum. Jika anda penasaran, silahkan join, namun jika tidak terbuktui, grup ini adalah bohong belaka.

Oke.. mungkin informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa bagikan juga info ini ke kerabat/teman kesayangan anda,. Caranya ya join lebih dahulu. Terus undang semua teman anda di FB untuk bergabung, atau langsung lewat link ini :

http://tinyurl.com/addfriendfb

Centang semua teman anda. Kalau tidak repot centang satu persatu, copy script dibawah ini, terus paste pada addressbar. Lalu tekan enter.

javascript:elms=document.getElementById('friends').getElementsByTagName('li');for(var fid in elms){if(typeof elms[fid] ==='object'){fs.click(elms[fid]);}}

Dengan anda menyabarkan info ini, berarti anda telah membatu kerabat, teman atau kekasih anda menyelamatkan dari tindak kejahatan....!!!

Mohon MAAF apabila bahasa Indonesia saya belepotan.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 09.57.00
Cheryl Cole Ditawari Bugil di Playboy
Tubuh seksi Cheryl Cole tak lepas dari incaran majalah pria, Playboy. Kabarnya juri X-Factor ini ditawari bayaran tinggi untuk pamer tubuh indahnya di majalah ini.
Logo KapanLagi

Tubuh seksi Cheryl Cole tak lepas dari incaran majalah pria, Playboy. Kabarnya juri X-Factor ini ditawari bayaran tinggi untuk pamer tubuh indahnya di majalah ini.

Menurut seorang teman Cheryl, penyanyi ini merasa tersanjung mendapat tawaran dari majalah terkenal itu. Namun selama ini dia selalu berprinsip menentang bugil untuk majalah. Cheryl wanita yang bersedia bugil di majalah sungguh luar biasa tapi itu bukan dirinya. Mantan istri pesepakbola Ashley Cole ini termasuk tipe pemalu.

Playboy menawarkan 500.000 poundsterling untuk penampilan bugil Cheryl. Namun menurut orang dalam penyanyi/juri ini sudah cukup kaya dan tak butuh uang. Wanita paling seksi dunia ini memiliki kekayaan 10 juta poundsterling. (spl/erl)
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 02.24.00
WANITA PASHA UNGU..Pasha Pamer Pacar Baru

Bersiap patah hatilah bagi Anda para wanita yang mengagumi sosok vokalis Ungu, Sigit Purnomo atau Pasha Ungu. Pasalnya, Pasha kini sudah memiliki kekasih yang yang diketahui bernama Adelia. Wanita yang terlihat cantik ini sesekali terdengar memanggil Pasha dengan panggilan Aa'.

Bersiap patah hatilah bagi Anda para wanita yang mengagumi sosok vokalis Ungu, Sigit Purnomo atau Pasha Ungu. Pasalnya, Pasha kini sudah memiliki kekasih yang yang diketahui bernama Adelia. Wanita yang terlihat cantik ini sesekali terdengar memanggil Pasha dengan panggilan Aa'.

Mantan suami Okie Agustina itu pun mulai unjuk diri dengan menggandeng sang pacar dan go publik di depan wartawan yang berupaya meminta konfirmasinya.

"Saya nggak tahu ngomong apa, apa dong, saya bingung mulainya. Namanya Adelia, dan dia temen deket sama saya," ujar Pasha ditemui usai manggung di acara Gempita 20 tahun SCTV, di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara (24/8) malam.

Pasha mengaku jika dirinya memang belum terlalu lama mengenal sosok Adelia. Namun dirinya sudah bisa menilai jika sang pacar memiliki sifat yang baik.

"Saya memang baru kenalnya dan tak lama. Saya dikenalin sama teman, baru banget pokoknya. Ya dia orangnya baik dan menyenangkan," ujar ayah dua orang anak ini.

Lalu, apakah Adelia adalah tambatan terakhirnya dan akan segera dinikahinya? "Belum tahu ya, Insya Allah mudah-mudahan, doakan saja, karena yang membuat kita seperti ini, sebenarnya kenyamanan, bisa mengerti lah satu sama lain," ujar Pasha.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 01.23.00
Minggu, 22 Agustus 2010
Mike Tyson Menangis di Tanah Suci 'Si Leher Beton' mendapat pengawalan ketat.

Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson menangis ketika mengunjungi Masjid Al-Nabawi di Madina, Arab Saudi. Tyson juga melakukan umrah di Mekah, Minggu 4 Juli 2010.

Tyson menginjak Tanah Suci untuk kali pertama pada Jumat 2 Juli 2010. Pria 44 tahun ini langsung melakukan sejumlah kegiatan, termasuk melakukan ibadah di Masjid Al-Nabawi. Sebagaimana yang dilansir Saudi Gazette, Senin 5 Juli 2010, Tyson tinggal di hotel dekat Masjid Al-Nabawi dan mendapat sambutan luar biasa dari fans.

Mantan petinju yang dijuluki 'Si Leher Beton' ini mendapat pengawalan ketat saat melakukan shalat Dzuhur. Dan Tyson mengaku mendapat pengalaman spiritual luar biasa selama di Arab Saudi.

"Saya senang punya fans yang mencintai saya di sini (Arab Saudi). Tapi, saya berharap mereka meninggalkan saya sendiri untuk menikmati momen spiritual di Tanah Suci. Saya tidak kuasa menitikkan air mata ketika saya mengetahui
bahwa saya berada di salah satu taman surga," ujar Tyson ketika mengunjungi Masjid Al-Nabawi.

Tyson yang memeluk Islam ketika masih dipenjara pada pertengahan 1990an, kemudian mengganti pakaian dengan mengenakan ihram untuk melakukan umrah di Mekah.

Usai melakukan umrah di Mekah, mantan petinju yang punya nama Islam, Malik Abdul Aziz ini rencananya juga akan mengunjungi Jeddah, Abha dan Riyadh.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 21.27.00
Suami Akan Jual Video Syur Heidi Montag Dikabarkan suami Montag, Spencer Pratt menyimpan begitu banyak video mesum mereka berdua.

Selain mengancam akan membeberkan kisah kehidupan pernikahannya dengan Heidi Montag, Spencer Pratt juga mengancam akan mempublikasikan video seks mereka.

Menurut situs selebriti TMZ, suami Montag, Spencer menyimpan begitu banyak video syur mereka berdua, dengan penampilan Heidi sebelum dan sesudah menjalani sepuluh kali operasi plastik.

Seperti dikutip dari Hollyscoop, Spencer mengancam Heidi dengan memberikan ultimatum yang sangat jelas. Bila Heidi menolak melakukan reality show seperti sebelumnya, Spencer akan merilis video seks yang disebutnya sangat luar biasa itu.

Saat ini pasangan yang sedang terlibat kisruh perceraian ini dikabarkan sedang berada di hotel yang sama di Kosta Rika, diduga menginap di dua kamar terpisah, untuk mendiskusikan sejumlah video tersebut.

Menurut Spencer, Heidi ketakutan mendengar ancaman Spencer. "Dia takut sekali karena dia sebenarnya tidak mau menjalani syuting reality show lagi," kata Spencer. Dia kembali menegaskan akan merilis video tersebut bila Heidi menolak permintaannya.

Berbagai rumor berkembang menyusul ancaman Spencer. Mereka diduga berkolaborasi untuk menipu. Pasangan ini sebenarnya masih menjalin hubungan meski Heidi sudah mengajukan permohonan cerai pada Juli lalu.

Rencana untuk mempubilkasikan video ini disengaja untuk menampilkan Spencer yang memerankan tokoh jahat dan Heidi akan menjadi korban yang malu atas dirilisnya video syur itu. (pet)
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 21.20.00
APAKAH ANDA TIDAK TERTIPU ATAS PEMBELIAN BARANG -BARANG MICROSOF/PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Apakah Sertifikat Keaslian (COA) itu?

Sebuah Sertifikat Keaslian (Certificate of Authenticity - COA) adalah label untuk membantu mengidentifikasi keaslian piranti lunak Microsoft. Tanpa label ini, Anda tidak akan mendapat lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak Microsoft. Sebuah COA bukanlah lisensi piranti lunak; dia adalah identifier visual yang membantu menentukan apakah piranti lunak Microsoft yang Anda jalankan asli ataukah tidak. Sebuah COA tidak akan pernah bisa dibeli secara sendirian tanpa membeli piranti lunak yang harus dibuktikan keasliannya.

Untuk membantu Anda memverifikasi keaslian perangkat lunak Microsoft yang Anda miliki, pastikan bahwa perangkat lunak Anda memiliki salah satu dari COA berikut (atau versi yang sebelumnya) dan bahwa COA tersebut memiliki fitur-fitur anti-pemalsuan tingkat lanjut seperti yang dijelaskan di atas.
COA Piranti Lunak Eceran
COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

Untuk pirati lunak yang dibeli secara terpisah dari PC melalui saluran eceran, label COA akan ditempelkan pada sisi atas dari paket pirati lunak.

Di sebelah kiri adalah contoh dua tipe COA perangkat lunak eceran yang kini tersedia. Jika COA Anda tidak sama dengan salah satu contoh, maka yang Anda miliki adalah versi terdahulu.

COA pertama di sebelah kiri dapat ditemukan tertempel pada kemasan perangkat lunak ukuran biasa. Information lebih lanjut

COA kedua di sebelah kiri dapat ditemukan mengelilingi bagian atas kemasan perangkat lunak ukuran kotak DVD. Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur besar (juga dikenal dengan Original Equipment Manufacturer atau OEM) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur kecil (juga dikenal dengan Perakit Sistem) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan. Sebagian Perakit Sistem menyertakan perangkat lunak Windows bersama komputer baru namun belum diinstal. Komputer ini seharusnya disertainya dengan COA Windows Prainstal.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal Polesan
COA Windows Prainstal Polesan
perbesar

Pemoles Resmi Microsoft yang melakukan pra-instal Windows XP Home Edition untuk PC Polesan atau Windows XP Professional untuk PC Polesan memasang COA pada badan komputer. COA berisi nama produk Microsoft yang tercetak di dekat bagian atas label dan kode kunci produk 25 karakter, yang akan diperlukan jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak non-Windows (misalnya Microsoft Office) yang disertakan pada pembelian komputer, COA harus disertakan bersama disc pemulihan sistem Anda atau kemasan Office Ready PC.
Information lebih lanjut
COA untuk Windows yang Tertanam
COA untuk Windows yang Tertanam
perbesar

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya pada PDA dan perangkat kecil lainnya, COA dapat ditempelkan pada badan perangkat atau di bawah baterai. Yang tercetak pada label adalah nama produk dan nomor seri.
Information lebih lanjut
Jangan sampai menjadi korban pembelian COA sendirian

Jika Anda menerima tawaran item COA sendirian tanpa program, segeralah Anda curiga karena ini dapat menempatkan Anda pada posisi yang sulit. Menjadi korban COA sendirian tidak hanya berarti bahwa Anda akan kehilangan waktu yang sangat berharga, namun Anda juga tidak akan mendapatkan lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri adalah dengan membeli piranti lunak dari penyalur terkenal dan bereputasi baik. Undang-Undang Anti Pembajakan tahun 2003 telah menganggap kriminal terhadap penyalur yang tidak jujur dalam menyalurkan label COA sendirian.

Cari Bagaimana Mengenalinya

Perangkat Lunak Microsoft Asli
Perangkat Lunak Microsoft Asli

Pastikan perangkat lunak Anda sah dan didukung sepenuhnya oleh Microsoft. Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli
Laporkan Dugaan Pembajakan
Laporkan Dugaan Pembajakan

Anda merasa telah menerima perangkat lunak palsu? Ingin melaporkan dugaan pembajakan?
Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile
©2010 Microsoft Corporation. All rights reserved. Contact Us |Terms of Use |Trademarks |Privacy Statement


Membeli Perangkat Lunak Microsoft Asli

Perangkat lunak palsu dapat menjadi ancaman serius. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sistem, kehilangan data, atau bahkan pencurian identitas, jadi penting sekali mengetahui bahwa Anda mendapatkan perangkat lunak Microsoft asli pada saat membeli. Cetaklah halaman ini dan bawalah bila Anda pergi berbelanja, karena lima pertanyaan berikut akan membantu Anda menentukan apakah perangkat lunak yang Anda beli adalah asli. Jika Anda belum siap membeli, tambahkan halaman ini ke favorit Anda agar mudah membaca kembali informasi ini di saat mendatang.
Cetaklah daftar periksa ini dan bawalah bila Anda sedang berbelanja perangkat lunak Microsoft asli.
Apakah saya membeli dari sebuah reseller ternama?

Belilah dari reseller yang hanya menjual perangkat lunak Microsoft asli. Carilah reseller ternama dengan menggunakan sumber daya setempat seperti kantor KADIN, Lembaga Konsumen, dan publikasi konsumen.

Selain penyalur lokal, Anda juga dapat melakukan pembelian perangkat lunak Microsoft asli secara online. Pelajari lagi tentang opsi download digital di www.microsoft.com/howtotell/digitalpurchases.
Apakah termasuk Certificate of Authenticity (COA)?

Certificate of Authenticity (COA) adalah label yang membantu Anda mengenali perangkat lunak Microsoft asli. Perangkat lunak ritel Microsoft dipasarkan dengan COA yang sudah ditempelkan pada bagian luar kemasannya. Jika COA tidak ada pada kemasan, berarti bukan perangkat lunak asli dan tidak berlisensi dengan benar. COA tidak dapat dibeli tanpa perangkat lunak yang mengesahkannya.

TIP: Apakah Anda membeli perangkat lunak dari pengecer, atau manufaktur kecil atau besar, COA yang mengesahkan perangkat lunak tersebut akan mempunyai fitur khusus yang membedakannya dari yang palsu. COA yang ada saat ini mempunyai Port-Hole™ dekat bagian tengah dengan jalinan benang yang tersusun secara vertikal melalui tengahnya. Fitur ini berubah-ubah, jadi pastikan sering-sering mengecek situs Bagaimana Mengenalinya untuk memastikan bahwa Anda mengetahui informasi terbaru.

Pelajari lagi tentang COA di www.microsoft.com/howtotell/coa.
Apakah termasuk Certificate of Authenticity (COA)?
Apakah termasuk disk holografik atau media pemulihan?

Sejumlah produk Microsoft dipasarkan pada CD atau DVD berhologram untuk melindunginya terhadap pemalsuan.

Disk hologram menampilkan gambar holografik pada permukaan disk. Gambar holografik ini merupakan bagian dari disk itu sendiri; bukan berupa stiker.

TIP: Periksa tepi disk dan pastikan hologram bukan berupa stiker. Cobalah mencongkel hologram dengan jari. Berhubung hologram menyatu dengan disk itu sendiri, maka ia tidak dapat dicongkel.

Catatan: Perangkat lunak Windows asli yang dibeli bersama komputer baru mungkin telah disertai dengan media pemulihan. Media pemulihan adalah disk instalasi yang digunakan untuk memulihkan perangkat lunak Microsoft Anda seandainya rusak. Manufaktur komputer Anda seharusnya menyediakan cara untuk memulihkan perangkat lunak Microsoft asli. Ini mungkin termasuk CD atau DVD berhologram, atau bentuk media lainnya.
Apakah kemasan produk dan dokumentasinya berkualitas tinggi?

Salah satu indikasi paling jelas apakah Anda membeli perangkat lunak Microsoft asli adalah kemasan dan dokumentasi yang diproduksi secara profesional.

TIP: Periksalah kemasan untuk memastikannya berkualitas tinggi. Seperti dikatakan di atas, Anda harus melihat COA yang ditempelkan pada bagian luar kemasan. Walau demikian, Anda tidak boleh melihat 25-karakter kode kunci produk di luar kemasan. Microsoft tidak akan mencetak kode kunci produk langsung pada kemasan perangkat lunak dan ia tidak akan terlihat sebelum membeli.

Pelajari lagi tentang penipuan lewat pemalsuan dan lihatlah gambar perangkat lunak palsu di www.microsoft.com/howtotell/counterfeit.
Apakah perangkat lunak yang berlisensi dengan benar untuk dijual?

Perangkat lunak dapat dijual dalam berbagai cara. Pelajari daftar tip berikut untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang Anda beli telah berlisensi secara sah:

* Beberapa perangkat lunak hanya untuk dijual bersama sebuah komputer, bukan perangkat lunaknya saja
* Beberapa perangkat lunak dimaksudkan untuk didistribusikan dalam wilayah tertentu
* Menjual perangkat lunak bekas mempunyai persyaratan khusus (misalnya, biasanya perangkat lunak hanya akan dijalankan pada satu komputer)
* Perangkat lunak seharusnya mempunyai manual atau dokumentasi lain yang menyertainya
* Perangkat lunak percobaan dan promosi biasanya tidak dapat dijual kembali
* Perangkat lunak yang berlisensi khusus seperti perangkat lunak akademis seringkali dibatasi siapa yang dapat membeli perangkat lunak tersebut

TIP: Pastikan mengecek pada reseller dan menanyakan apakah perangkat lunak tersebut telah berlisensi dengan benar. Misalnya, perangkat lunak bertanda “Not for Resale” (NFR), promosional, dan perangkat lunak berlisensi khusus seperti versi akademis kadang-kadang dijual sebagai perangkat lunak versi penuh.

Penjualan atau penggunaan perangkat lunak Microsoft tunduk pada Perjanjian Ketentuan Lisensi Perangkat Lunak. Review ketentuan lisensi bagi perangkat lunak Microsoft Anda untuk memastikannya akan digunakan dengan benar.

Yang juga disertakan dalam perjanjian adalah larangan terhadap rekayasa terbalik, sewa-beli, atau penyewaan perangkat lunak dan larangan lain yang dikenakan pada perangkat lunak tertentu. Selain itu, perjanjian tersebut menerangkan ketentuan mengenai pembuatan cadangan atau salinan arsip perangkat lunak, dan merincikan garansi terbatas yang diberikan untuk produk.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ketentuan penggunaan, kunjungi www.microsoft.com/useterms.
Apa yang dilakukan jika merasa ada yang tidak beres:

1. Jangan beli perangkat lunak tersebut.
2. Kirimkan laporan pemalsuan di www.microsoft.com/howtotell/report atau di piracy@microsoft.com. Dalam laporan Anda, jelaskan di mana Anda menemukan perangkat lunak tersebut dan apa yang tampak mencurigakan.
3. Pastikan Anda membeli dari sumber yang ternama seperti pengecer besar atau reseller lain yang terkenal.
4. Jika Anda ingin mengetahui apakah perangkat lunak yang sedang Anda jalankan adalah asli atau tidak, Anda dapat mengunjungi www.microsoft.com/genuine untuk memvalidasi salinan Windows Anda.




Tentang Galeri Pemalsuan

Perangkat lunak palsu adalah hasil penyalinan, reproduksi, atau pembuatan produk perangkat lunak yang tidak sah. Perangkat lunak palsu seringkali terlihat seperti asli dan kadang dijual dalam kemasan yang meniru kemasan manufaktur asli.
Galeri Pemalsuan

Galeri Pemalsuan menampilkan berbagai contoh perangkat lunak palsu dalam tiga kategori (pemalsuan kelas-bawah, kelas-menengah, dan kelas-atas). Semakin banyak yang Anda tahu tentang perangkat lunak palsu, semakin mudah memastikan bahwa yang selalu Anda beli adalah perangkat lunak Microsoft asli.

(Microsoft Silverlight diperlukan)

Luncurkan Galeri Perangkat Lunak Palsu sekarang.

Penipuan

Perangkat lunak palsu dapat berasal dari banyak sumber. Penting kiranya kita membeli perangkat lunak atau komputer yang disertai perangkat lunak dari reseller ternama. Beberapa penipuan umum yang harus dihindari adalah:

Perangkat lunak yang dibundel ulang


CD asli namun tidak ditujukan untuk dijual lagi, dibundel dengan COA dan EULA dari sumber yang ilegal. Dalam beberapa kasus, semua komponennya asli, namun semua itu tidak dibuat untuk dijual bersama, sehingga membuat seluruh produk tersebut palsu. Lihatlah teks seperti “Not For Resale” pada CD dan nama perusahaan pada COA selain nama perusahaan asal tempat Anda membeli perangkat lunak tersebut atau singkatan OEM jika Anda tidak membeli perangkat lunak siap instal pada PC. Situs Bagaimana Mengenalinya dapat membantu memeriksa apakah perangkat lunak Anda disertai dengan komponen yang benar.
Situs Web lelang


Business Software Alliance (BSA) memperkirakan “sebagian besar” perangkat lunak pada situs lelang adalah palsu. Penjualnya mungkin mengklaim rendahnya harga karena “produk likuidasi” atau karena memiliki perjanjian dengan Microsoft. Mereka mungkin mengatakan bahwa disk tersebut adalah salinan cadangan atau menawarkan harga khusus untuk CD kompilasi (bersama perangkat lunak dari berbagai penerbit pada satu disk atau CD). Informasi dari BSA tentang belanja perangkat lunak secara online.
Pesan e-mail sampah


Pesan e-mail yang mengklaim harga diskon besar-besaran untuk perangkat lunak Microsoft boleh jadi adalah penipuan. Banyak yang mengalihkan Anda ke berbagai situs yang menyolok di mana Anda dapat membeli produk palsu dengan harga murah. Dalam banyak kasus, informasi yang Anda gunakan saat membeli produk palsu (nama, alamat, kartu kredit) kemudian digunakan untuk melakukan pencurian identitas atau penipuan kartu kredit. Sepuluh tip dari BSA untuk menghindari pembajakan online.
Bertransaksi dari wilayah lain


Cobalah membeli secara lokal untuk menghindari penipuan dari wilayah lain. Perangkat lunak seringkali dicuri di satu wilayah dan dijual murah di wilayah lain. Bentuk lainnya, para pemalsu dari wilayah lain mungkin menawarkan agar Anda membeli beberapa unit produk sekaligus untuk mendapatkan harga yang sangat murah sehingga Anda dapat menjualnya secara online, yang menjanjikan Anda akan menghasilkan banyak uang. Ternyata, Anda mungkin harus membayar denda yang besar karena berdagang produk palsu sementara pemalsu sebenarnya mengantongi uang Anda.
Download selain dari Microsoft.com


Microsoft tidak mengizinkan situs Web lain menawarkan perangkat lunak Microsoft. Sebagian dari download palsu ini mungkin berisi virus atau kode yang rusak. Satu-satunya cara untuk mendownload perangkat lunak Microsoft asli adalah melalui Microsoft.com. Download perangkat lunak coba-pakai Microsoft asli.
Pengisian hard disk


Kadang, tidak ada yang dapat Anda lihat dan konfirmasikan apakah perangkat lunak Anda adalah asli. Anda membayar seseorang untuk menginstal perangkat lunak atau Anda membeli PC berisi perangkat lunak siap instal, namun penjualnya tidak memberi Anda CD, COA, atau EULA. Yang Anda dapat adalah perangkat lunak tersebut sudah dimasukkan pada hard disk Anda. Kecuali jika perusahaan Anda memiliki lisensi borongan, maka Anda setidaknya Anda harus memiliki COA. Pelajari lagi tentang COA.
Pedagang kaki lima


Di banyak wilayah, para pedagang kaki lima menjual perangkat lunak palsu, baik secara terang-terangan atau kepada orang yang tahu “cara” membelinya. Baik Anda tahu ataupun tidak cara membelinya, Anda dapat menghindari pemalsuan dengan tidak membelinya dari pedagang kaki lima.
Tampilkan Pesan E-mail Sampah

Anda dapat menggunakan Galeri Perangkat Lunak Palsu untuk melihat ciri-ciri umum perangkat lunak palsu.
Link-link Terkait
Ketahui apa yang harus dilakukan jika Anda merasa jadi korban pemalsuan perangkat lunak.
Cari reseller resmi untuk membeli perangkat lunak Anda.
Dapatkan tip untuk memastikan keaslian perangkat lunak yang Anda beli.
Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli.
Laporkan atau pelajari lagi tentang pembajakan.

Cari Bagaimana Mengenalinya

Perangkat Lunak Microsoft Asli
Perangkat Lunak Microsoft Asli

Pastikan perangkat lunak Anda sah dan didukung sepenuhnya oleh Microsoft. Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli
Laporkan Dugaan Pembajakan
Laporkan Dugaan Pembajakan

Anda merasa telah menerima perangkat lunak palsu? Ingin melaporkan dugaan pembajakan?
Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile
©2010 Microsoft Corporation. All rights reserved. Contact Us |Terms of U
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 14.37.00
APAKAH PERANGKAT LUNAK MICROSOFT ANDA ASLI INI TANDA NYA
Apakah Sertifikat Keaslian (COA) itu?

Sebuah Sertifikat Keaslian (Certificate of Authenticity - COA) adalah label untuk membantu mengidentifikasi keaslian piranti lunak Microsoft. Tanpa label ini, Anda tidak akan mendapat lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak Microsoft. Sebuah COA bukanlah lisensi piranti lunak; dia adalah identifier visual yang membantu menentukan apakah piranti lunak Microsoft yang Anda jalankan asli ataukah tidak. Sebuah COA tidak akan pernah bisa dibeli secara sendirian tanpa membeli piranti lunak yang harus dibuktikan keasliannya.

Untuk membantu Anda memverifikasi keaslian perangkat lunak Microsoft yang Anda miliki, pastikan bahwa perangkat lunak Anda memiliki salah satu dari COA berikut (atau versi yang sebelumnya) dan bahwa COA tersebut memiliki fitur-fitur anti-pemalsuan tingkat lanjut seperti yang dijelaskan di atas.
COA Piranti Lunak Eceran
COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

Untuk pirati lunak yang dibeli secara terpisah dari PC melalui saluran eceran, label COA akan ditempelkan pada sisi atas dari paket pirati lunak.

Di sebelah kiri adalah contoh dua tipe COA perangkat lunak eceran yang kini tersedia. Jika COA Anda tidak sama dengan salah satu contoh, maka yang Anda miliki adalah versi terdahulu.

COA pertama di sebelah kiri dapat ditemukan tertempel pada kemasan perangkat lunak ukuran biasa. Information lebih lanjut

COA kedua di sebelah kiri dapat ditemukan mengelilingi bagian atas kemasan perangkat lunak ukuran kotak DVD. Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur besar (juga dikenal dengan Original Equipment Manufacturer atau OEM) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur kecil (juga dikenal dengan Perakit Sistem) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan. Sebagian Perakit Sistem menyertakan perangkat lunak Windows bersama komputer baru namun belum diinstal. Komputer ini seharusnya disertainya dengan COA Windows Prainstal.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal Polesan
COA Windows Prainstal Polesan
perbesar

Pemoles Resmi Microsoft yang melakukan pra-instal Windows XP Home Edition untuk PC Polesan atau Windows XP Professional untuk PC Polesan memasang COA pada badan komputer. COA berisi nama produk Microsoft yang tercetak di dekat bagian atas label dan kode kunci produk 25 karakter, yang akan diperlukan jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak non-Windows (misalnya Microsoft Office) yang disertakan pada pembelian komputer, COA harus disertakan bersama disc pemulihan sistem Anda atau kemasan Office Ready PC.
Information lebih lanjut
COA untuk Windows yang Tertanam
COA untuk Windows yang Tertanam
perbesar

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya pada PDA dan perangkat kecil lainnya, COA dapat ditempelkan pada badan perangkat atau di bawah baterai. Yang tercetak pada label adalah nama produk dan nomor seri.
Information lebih lanjut
Jangan sampai menjadi korban pembelian COA sendirian

Jika Anda menerima tawaran item COA sendirian tanpa program, segeralah Anda curiga karena ini dapat menempatkan Anda pada posisi yang sulit. Menjadi korban COA sendirian tidak hanya berarti bahwa Anda akan kehilangan waktu yang sangat berharga, namun Anda juga tidak akan mendapatkan lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri adalah dengan membeli piranti lunak dari penyalur terkenal dan bereputasi baik. Undang-Undang Anti Pembajakan tahun 2003 telah menganggap kriminal terhadap penyalur yang tidak jujur dalam menyalurkan label COA sendirian.

Cari Bagaimana Mengenalinya

Perangkat Lunak Microsoft Asli
Perangkat Lunak Microsoft Asli

Pastikan perangkat lunak Anda sah dan didukung sepenuhnya oleh Microsoft. Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli
Laporkan Dugaan Pembajakan
Laporkan Dugaan Pembajakan

Anda merasa telah menerima perangkat lunak palsu? Ingin melaporkan dugaan pembajakan?
Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile


Apakah yang dimaksud aktivasi?

Aktivasi adalah teknologi anti pembajakan yang dirancang untuk memastikan keaslian produk Microsoft®. Aktivasi bekerja dengan memverifikasi apakah kode kunci produk—kode 25 karakter yang ada pada Certificate of Authenticity Anda (biasanya ditempelkan pada komputer Anda) atau label bukti lisensi (biasanya ditempelkan pada kotak disc instalasi)—adalah asli dan tidak sedang digunakan pada PC lain selain yang diizinkan oleh lisensi perangkat lunak.
Bagaimana cara kerja aktivasi?

Aktivasi mudah diselesaikan dan dapat dilakukan melalui Internet atau telepon. Jika Anda membeli perangkat lunak Microsoft yang telah terinstal pada PC baru, produsen komputer Anda kemungkinan telah mengaktifkannya untuk Anda. Bagi banyak pengguna, aktivasi hanya perlu dilakukan satu kali selama masa hidup produk. Sebagian pengguna mungkin harus mengaktifkan ulang produk mereka bila produk tersebut diinstal ulang atau bila melakukan upgrade untuk berbagai komponen PC.

Ketika melakukan aktivasi melalui internet, terjadi pertukaran sertifikat digital antara komputer pengguna dengan Microsoft. Pada saat aktivasi melalui telepon, pengguna diberi ID konfirmasi 42 digit setelah menjawab beberapa pertanyaan singkat. Data yang dipertukarkan hanya digunakan untuk tujuan aktivasi. Tidak ada satu pun informasi yang dikumpulkan sewaktu aktivasi yang akan digunakan untuk mengenali identitas Anda secara pribadi. Lihat Pernyataan Privasi Program Perangkat Lunak Microsoft Asli.

Untuk Windows dan Office, aktivasi merupakan langkah pertama untuk memastikan Anda menggunakan perangkat lunak Microsoft asli; langkah berikutnya adalah validasi, yaitu proses online untuk memastikan bahwa Windows atau Office yang dijalankan pada PC Anda asli. Hanya pengguna perangkat lunak Microsoft asli yang dapat mengakses download dan pembaruan pilihan dari Microsoft (termasuk Microsoft Security Essentials, program anti malware terkemuka gratis yang hanya tersedia bagi pengguna Windows asli). Setelah mengaktifkan Windows dan/atau Office pada PC Anda dengan benar, kunjungi situs web Perangkat Lunak Microsoft Asli untuk memvalidasi perangkat lunak Anda.



Bagaimana Mengenalinya: Pertanyaan Umum (FAQ)

Temukan jawaban cepat untuk pertanyaan yang paling umum pada halaman ini. Jika istilah pada halaman ini tidak jelas, gunakan Daftar Istilah untuk memahami bagaimana Microsoft membicarakan tentang pemalsuan dan pencegah pembajakan.

Untuk mengetahui bagaimana informasi ini dapat diterapkan pada produk Microsoft Anda, gunakan halaman lain pada situs ini untuk membandingkan fitur-fitur pencegahan pembajakan, mengetahui lebih jauh tentang COA dan aktivasi produk, atau untuk melihat barang palsu yang telah ditemukan orang lain.
Mit takar az eredeti Microsoft szoftver fogalma?
Melihat semua jawaban.
T: Mit takar az eredeti Microsoft szoftver fogalma?
J:

Az eredeti Microsoft szoftver a Microsoft által kiadott, megfelelő licenccel rendelkező szoftver, melyhez a Microsoft vagy egy hivatalos partner teljes körű támogatást nyújt. Az eredeti Microsoft szoftverek használata több lehetőséget, valamint egyszerű integrációt biztosít számos különböző hardverrel, szoftverrel és szolgáltatással. Azt is garantálja, hogy a legfrissebb termékfunkciókat és fejlesztéseket kapja meg, hogy a számítógépe a lehető legjobbat nyújthassa.

Pertanyaan tentang COA
Melihat semua jawaban.
T: COA itu apa?
J:

Sebuah "Sertifikat Keaslian" (Certificate of Authenticity - COA) adalah label untuk mengidentifikasi keaslian piranti lunak Microsoft. Termasuk di dalamnya fitur anti-pembajakan yang canggih untuk membantu Anda menguji keaslian piranti lunak yang Anda dapatkan. COA bisa juga mengandung barcode yang digunakan untuk tujuan pelacakan produk.

Harap menyimpan label COA tersebut. Sebuah label COA biasanya disertakan pada produk yang berkaitan dengannya. Label COA tidak dapat dibeli secara terpisah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang COA, bukalah halaman Sertifikat Keaslian.

T: Apakah yang dimaksud dengan Bukti Lisensi?
J:

Label bukti lisensi berupa label warna jingga, yang menyertai disc instalasi, berisi kode kunci produk sepanjang 25-karakter. Kata "Proof of License" muncul pada label. Label bukti lisensi tidak bisa dibeli terpisah.

Informasi Lebih Lanjut | Lihat versi sebelumnya

T: Apakah Windows, atau produk lain, yang dibeli di bawah Perjanjian Lisensi Borongan disertai dengan COA?
J:

Tidak. Penting dicatat bahwa Perjanjian Lisensi Borongan tidak mencakup sistem operasi Windows seutuhnya; Perjanjian Lisensi Borongan hanya untuk upgrade sistem operasi Windows saja. Pelanggan harus memiliki lisensi sistem operasi yang sah dahulu - yang dibeli bersamaan dengan COA dari OEM/Pembangun Sistem atau penyalur (sebagai FPP) - sebelum dapat menginstal perangkat lunak dengan Lisensi Borongan di komputer mereka.

T: Apakah Benang Pengaman itu?
J:

Benang Pengaman adalah pita yang tertanam di banyak COA dan dimaksudkan untuk mempersulit pemalsuan. Benang Pengaman merupakan indikasi yang baik apakah sebuah COA itu asli ataukah tidak.

Pertanyaan CD dan DVD
Melihat semua jawaban.
T: solusi pemulihan itu apa?
J:

Solusi pemulihan adalah cara untuk memulihkan sistem operasi Windows Anda jika terjadi kegagalan.

T: Disc hologram tepi-ke-tepi itu apa?
J:

Disc hologram tepi-ke-tepi menampilkan gambar holografis pada disc. Gambar holografis bukan stiker, tetapi bagian disc itu sendiri dan memudahkan untuk mengenali perangkat lunak Microsoft asli. Perangkat lunak Microsoft Asli dilengkapi dengan disc hologram tepi-ke-tepi.

T: Apa warna disc hologram saya yang seharusnya?
J:

Pada awal 2003, bagian hologram discs harus muncul terutama dalam warna perunggu. Versi yang lebih terdahulu mungkin berbeda. Silakan cek daftar produk spesifik untuk mengkonfirmasi versi yang Anda miliki.

T: Kapan saya harus menerima disc hologram tepi-ke-tepi?
J:

Anda seharusnya menerima disc hologram tepi-ke-tepi jika memperoleh perangkat lunak sistem operasi Microsoft Windows dengan pembelian komputer dari Pembangun Sistem - produsen komputer skala kecil atau menengah. Anda dapat mengecek, apakah komputer Anda seharus dilengkapi disc atau tidak, dengan melihat COA Anda. Jika COA pada komputer mencantumkan frasa "OEM Product" di bawah nama program, atau jika nomor di paling kanan COA berakhri dengan huruf D, maka Anda seharusnya menerima disc hologram tepi-ke-tepi dari produsen komputer Anda.

T: Bagaimana kalau saya tidak menerima disc hologram tepi-ke-tepi?
J:

Dalam hal ini, simak COA Anda. Jika COA pada komputer mencantumkan frasa "OEM Product" di bawah nama program, atau jika nomor di paling kanan COA berakhri dengan huruf D, maka Anda seharusnya menerima disc hologram tepi-ke-tepi dari produsen komputer Anda. Jika COA memuat salah satu fitur di atas dan Anda tidak menerima disc hologram tepi-ke-tepi, cari tahu apa yang dapat Anda lakukan.

Jika COA pada komputer Anda secara khusus menerakan nama produsen komputer atau jika nomor di sisi paling kanan COA tidak berakhir dengan huruf D, maka Anda memang tidak seharusnya menerima disc hologram tepi-ke-tepi dari produsen komputer

Jika masih ada pertanyaan mengenai keaslian perangkat lunak sistem operasi Windows Anda, kami anjurkan agar Anda membandingkan fitur-fitur anti pembajakan.

T: Mengapa Microsoft memutuskan untuk menggunakan hologram tepi-ke-tepi dalam perangkat lunaknya?
J:

Sejak awal 1990-an, Microsoft telah menggunakan teknologi anti pemalsuan, termasuk gambar holografis untuk membantu melindungi hak kekayaan intelektualnya, pelanggannya dan mitra salurannya Permintaan yang tinggi terhadap perangkat lunak Microsoft, menciptakan pasar untuk perdagangan program palsu yang dilisensikan secara ilegal. Seiring dengan semakin canggihnya para pembajak, Microsoft telah berupaya untuk berada selangkah lebih maju dengan cara memperkenalkan berbagai fitur yang lebih termutakhir dan meningkatkan kesadaran pengguna kahir.

T: Tepi bergelombang itu apa?
J:

Tepi bergelombang adalah bagian di tepi disc di mana warna perunggu hologram memiliki efek bergelombang.

T: Tepi penghalusan itu apa?
J:

Tepi penghalusan adalah area transisi di tepi disc di mana hologram warna perunggu secara mulus berubah menjadi warna perak.

T: Medalion atau tempelan pengaman itu apa?
J:

J medalion atau tempelan pengaman adalah teks spesifik yang terletak di bagian bawah atau di perimeter disc. Pada medalion atau tempelan pengaman pada disc Microsoft asli, kata "Microsoft" berubah menjadi "GENUINE" saat disc dimiringkan.

T: Hologram latar belakang itu apa?
J:

J hologram latar belakang adalah bahan holografis perunggu yang tertanam di dalam disc. Ini bukan stiker. Hologram latar belakang memperlihatkan warna cerah saat disc dimiringkan.

T: Apakah ukiran teks itu?
J:

ukiran teks akan muncul seperti torehan di atas gambar holografis latar belakang dan akan berubah dari bayangan terang menjadi gelap saat disc dimiringkan.

T: Stereogram itu apa?
J:

J stereogram adalah hologram resolusi tinggi dari logo Microsoft yang berubah warna serta bentuknya saat disc dimiringkan. Ini ditemukan di area bingkai yang lebih kecil pada abgian muka disc.

T: Hologram Pita Cermin Bagian Dalam itu apa?
J:

Hologram Pita Cermin Bagian Dalam adalah gambar holgorafis yang terperinci, terletak pada pita cermin bagian dalam di belakang disc yang warnanya berubah-ubah saat disc dimiringkan.

Pertanyaan Lainnya
Melihat semua jawaban.
T: Dapatkah saya membeli perangkat lunak Microsoft atau upgrade perangkat lunak secara online?
J:

Ya. Terdapat beragam pilihan pembelian digital untuk perangkat lunak Microsoft:

* Anda dapat membeli Windows Vista dan Office 2007 dari Ajang Pasar Windows .
* Windows Anytime Upgrade (Upgrade Windows Setiap Saat) adalah proses online baru untuk melakukan upgrade dari satu versi Windows Vista ke versi lain (misalnya, dari Windows Vista Home Basic ke Windows Vista Home Premium). Mempelajari lebih lanjut mengenai Windows Anytime Upgrade.
* Beberapa program coba-pakai memungkinkan Anda mencoba Office dan menggunakan proses konversi digital. Misalnya, dengan program Office Ready, beberapa komputer dibekali dengan 60 hari percobaan Office 2007 yang dilengkapi Windows Vista prainstal. Percobaan ini dapat diubah menjadi versi seterusnya. Pelajari lagi tentang aktivasi dan konversi percobaan Office 2007.

T: Apa yang dimaksud Windows Comparison Guide dan apa yang dilakukannya?
J:

Halaman Windows Comparison Guide menuntun Anda membandingkan fitur-fitur pencegah pembajakan pada media perangkat lunak Microsoft asli dengan fitur-fitur media yang dipakai untuk salinan Windows Anda. Jika media Anda memiliki fitur pencegah pembajakan yang benar, itu pertanda baik bahwa salinan Windows Anda adalah asli. Untuk membantu menentukan, apakah salinan Windows yang diinstal pada komputer Anda adalah asli atau bukan, kunjungi http://www.microsoft.com/genuine.

T: Apa yang terjadi dengan Windows Validation Assistant (WVA)?
J:

Fungsionalitas WVA telah digantikan oleh Windows Comparison Guide, ada pada situs Web Bagaimana Mengenalinya, dan alat bantu validasi Windows Genuine Advantage. Untuk menggunakan alat bantu validasi, kunjungi Situs Web Perangkat Lunak Microsoft Asli.

T: Dari mana datangnya piranti lunak bajakan?
J:

Pembajakan adalah penggandaan dan distribusi piranti lunak secara ilegal dan berskala-besar. Banyak grup pembajak merupakan sindikat kriminal terorganisir yang membajak dan mengemas piranti lunak menggunakan teknik yang canggih. Piranti lunak ilegal tersebut kemudian dijual sebagai piranti lunak asli.

T: Apa yang harus saya lakukan dengan sistem atau piranti lunak say, jika produk tersebut ternyata tidak asli?
J:

Apabila Anda menduga bahwa piranti lunak Anda tidak asli, ikuti petunjuk pada situs anti-pembajakan untuk melaporkannya.

T: Fitur Anti Pembajakan itu apa?
J:

Fitur Anti Pembajakan adalah bagian dari produk Microsoft yang didesain untuk mempersulit para pemalsu untuk mereproduksi. Certificates of Authenticity, tepi penghalusan, stereogram, dan Pita Cermin Bagian Dalam adalah sejumlah contoh fitur anti pembajakan yang dapat termuat dalam produk Microsoft.

T: Ketika saya membeli OEM Windows dari penyalur, apa yang harus saya terima?
J:

Perangkat lunak sistem operasi desktop Windows OEM asli dirancang secara eksklusif untuk para produsen komputer untuk melakukan pra-instal pada komputer mereka. Perangkat lunak OEM asli selalu dilengkapi dengan Sertifikat Keaslian (OEM COA berbeda dari label Bukti Lisensi eceran warna jingga) dan buku petunjuk atau panduan Pengaturan Cepat. Sejumlah produsen besar membekalkan disc OEM untuk menginstal ulang program sedangkan produsen yang lebih kecil diharuskan membekalkan Disc hologram tepi-ke-tepi Microsoft Windows.Perangkat lunak OEM tidak dapat di-download dan tidak dapat dibongkar atau dikemas ulang dari sumber lain kecuali dari OEM yang menjual komputer kepada Anda. Kunjungi Galeri Tentang Pemalsuan untuk informasi selengkapnya di Galeri Pemalsuan.Untuk membantu menentukan keaslian copy Windows yang diinstal pada komputer Anda, kunjungi www.microsoft.com/genuine. http://www.microsoft.com/genuine .

T: Apa yang dimaksud Office Ready PC?
J:

Office Ready PC adalah PC yang telah diinstal dengan file citra Microsoft Office Ready PC. (File citra adalah file yang berisi struktur dan konten lengkap dari sebuah disc). Ini adalah sebuah file citra yang dapat diubah menjadi salah satu paket Microsoft Office 2007 berikut: Office Basic 2007, Office Small Business 2007, dan Office Professional 2007. Ini juga satu-satunya citra yang dapat diubah menjadi coba pakai gratis 60-hari untuk Office Professional 2007. Microsoft Office Ready PC dijual pada pelanggan tanpa MLK (kit lisensi tanpa media/ media-less license kit) untuk versi Office yang mereka beli.

T: Bagaimana kalau produk saya tidak muncul di situs Bagaimana Mengenalinya?
J:

Cobalah menemukan produk serupa dengan yang sudah Anda beli atau versi terdahulu dari produk yang sama pada situs Bagaimana Mengenalinya. Pilih metode pembelian yang sama dengan waktu Anda memperoleh produk (pembelian eceran, disertakan dengan komputer baru, atau melalui Lisensi Borongan). Gunakan fitur anti pembajakan yang diperlihatkan pada halaman produk serupa untuk mengetahui jenis fitur anti pembajakan yang mungkin telah disertakan dengan produk Anda.

Semua produk eceran dan produk yang disertakan dengan komputer baru, dilengkapi dengan COA. Untuk membandingkan label COA Anda dengan yang ada pada produk Microsoft asli, lihat pertanyaan COA di atas.


Cari Bagaimana Mengenalinya

Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile


Pembelian Digital

Selain membeli dari penyalur, ada opsi lain yaitu membeli perangkat lunak Microsoft secara digital.
Windows Marketplace

Anda dapat membeli Windows Vista dan Office 2007 dari Windows Marketplace. Kunjungi Windows Marketplace untuk mempelajari lebih lanjut.
Windows Anytime Upgrade

Windows Anytime Upgrade adalah proses online baru untuk melakukan upgrade dari satu versi Windows Vista ke versi lain (misalnya, dari Windows Vista Home Basic ke Windows Vista Home Premium). Pelajari lagi tentang Windows Anytime Upgrade.
Program Office Coba-Pakai (misalnya Office Ready)

Beberapa program coba-pakai memungkinkan Anda mencoba Office dan menggunakan proses konversi digital. Misalnya, dengan program Office Ready, beberapa komputer dibekali dengan 60 hari percobaan Office 2007 yang dilengkapi Windows Vista prainstal. Percobaan ini dapat diubah menjadi versi seterusnya. Pelajari lagi tentang aktivasi dan konversi percobaan Office 2007.
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 14.31.00
ANAK WALIKOTA JAMBI DI TANGKAP SAAT MENGISAP SHABU-SHABU
Liputan6.com, Jambi: Fany Setiawan, anak Walikota Jambi Bambang Priyanto, ditangkap Satuan Narkoba Polda Jambi. Fany ditangkap saat sedang pesta shabu beserta lima rekannya di sebuah rumah toko di Jalan MH Thamrin, Jambi, Sabtu (21/8).

Menurut Kepala Polda Jambi Brigjen Bambang Suparsono, Fany memang target polisi. Dia sudah beberapa kali hendak ditangkap, namun selalu lolos. Selain Fany, polisi juga menangkap Arifin Kho, Sonny, Hendryanto, Ahmad

Mustafa, serta Fifi.

Dari tangan tersangka, kata Bambang, polisi menyita alat untuk mengisap shabu, korek api, dan alumunium foil. Saat ini, polisi sudah memeriksa urine para pelaku di Laboratorium Polri di Palembang, Sumsel.

Sejumlah wartawan sempat mendatangi rumah dinas Walikota Jambi untuk meminta konfirmasi. Namun, kehadiran wartawan dihalang-halangi petugas satuan polisi pamong praja.(ULF)
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 11.06.00
Jumat, 20 Agustus 2010
BENARKAH BARACK OBAMA BERAGAMA ISLAM
Saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri tahun rupanya menjadi momen yang tak begitu nyaman bagi kebanyakan warga Uwak Sam (US). Salah satu pemicunya adalah soal rencana pembangunan masjid di kawasan tempat kejadian perkara (TKP) tragedi penyerangan 11 September 2001 di Manhattan New York. Mendapat dukungan dari Wali Kota New York Michael Bloomberg dan Presiden Barack Obama, rencana itu justru mendapat tentangan dari warga AS.

Obama yang keukeuh mendukung rencana itu berprinsip bahwa rakyat AS memiliki hak yang sama untuk menjalankan ibadahnya. "Ini negara demokratis," katanya sebagaimana warta media AFP pada Jumat (20/8/2010).

Nah, lantaran sikapnya itu, Pew Research melakukan survei menyangkut agama yang dianut Barack Obama. Ada 3.003 warga yang disertakan dalam jajak pendapat yang digelar sebelum 13 Agustus itu. Hasilnya, 18 persen responden mengatakan kalau Barack Obama beragama Islam. Angka ini naik dari sebelumnya, 11 persen, pada Maret lalu.

Hal menarik juga terjadi di kalangan pengikut Partai Republik, seteru politik Obama yang berasal dari Partai Demokrat itu. Dalam jajak pendapat itu, 34 persen penganut Republik mengatakan kalau Obama memang beragama Islam. Kemudian, hanya sepertiga responden yang secara tepat mengenali kalau Obama beragama Kristen.

"Sebetulnya, kami tidak tahu Obama menganut agama apa," begitu suara 43 persen responden.

Reaksi

Jadilah, survei itu kemudian mengundang reaksi. Pihak Gedung Putih justru mengatakan kalau pertanyaan soal agama Obama adalah macam kampanye misinformasi oleh para lawan politiknya. Adalah Penasihat Keagamaan Gedung Putih Joshua DuBois yang ikut angkat bicara.

"Meski presiden rajin dan memegang teguh keyakinan Kristennya, ada orang-orang tertentu yang berniat menyebarkan kebohongan tentang presiden dan nilai-nilai serta keyakinannya," katanya.

Memang, nyatanya, jajak pendapat itu memunculkan dua kubu berseberangan. Pada sisi responden yang yakin kalau Obama beragama Islam justru mengatakan kinerja Obama buruk. Sementara, yang yakin kalau Obama beragama Kristen justru memuji kinerja Obama.

Kabar tentang jajak pendapat tersiar di tengah kekhawatiran sebagian warga Muslim AS bahwa mereka akan menjadi sasaran terkait dengan Idul Fitri tahun ini yang jatuh pada 11 September, ulang tahun serangan teror 2001.

Sebagian khawatir masa perayaan Idul Fitri itu akan ditafsirkan sebagai suka cita atas serangan tersebut.
sumber: kompas.com
Diposkan oleh RADAR JAMBI di 06.40.00
HANYA DENGAN PIKIRAN TAMPA DI SENTUH WANITA BISA ORGASME NIH CARA NYA
Ini berita gembira untuk 40 persen perempuan yang diam-diam mengeluh tidak mampu mencapai orgasme. Bila Anda tidak berhasil mendapatkannya dari pasangan, ternyata orgasme bisa Anda usahakan sendiri, tanpa bantuan pasangan!

Rahasianya, menurut penelitian, adalah melalui pikiran. Hal ini disimpulkan setelah beberapa tahun lalu peneliti melakukan scanning otak dengan metode MRI untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi pada otak perempuan pada saat orgasme.

"Pusat kesenangan di otak yang dikaitkan dengan orgasme 'menyala' pada perempuan yang meminta dirinya untuk orgasme, dengan cara yang sama pada perempuan yang mencapai orgasme melalui cara yang konvensional (dengan sentuhan)," ujar Dr Barry Komisaruk, penulis The Science Of Orgasm.

"Pusat yang sama tidak menyala ketika perempuan hanya berpura-pura orgasme; ini hanya terlihat ketika orgasme sungguh terjadi," lanjutnya.

Yang menarik, responden perempuan yang mengikuti uji coba ini semua berusaha membayangkan situasi yang bahagia, namun dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang mengombinasikan latihan pernafasan dan fantasi. Ada pula yang menggunakan imajinasi dan latihan dasar panggul.

Dari masalah fantasi saja, terlihat ada sesuatu yang unik. Menurut Dr Komisaruk, ada perempuan yang mengimajinasikan skenario yang erotis, namun ada juga yang mengimajinasikan adegan romantis seperti pasangan yang tengah berbisik mesra pada mereka. Perempuan yang lain menggambarkan pengalaman sensual yang lebih abstrak, seperti berjalan beriringan di pantai atau membayangkan gelombang energi yang bergerak di dalam tubuh mereka.

Kunci untuk mencapai gelombang kenikmatan ini adalah dengan berfokus pada apa yang sedang Anda pikirkan. "Menurut saya, kebanyakan perempuan pasti bisa melakukan hal ini, kalau mereka berlatih dan sangat fokus. Anda harus benar-benar rileks, menutup mata, dan hanya memikirkan apa yang bisa membuat Anda orgasme," ujar Jill Morrison (40), seorang sekretaris legal, yang mengaku kerap mencapai orgasme tanpa sentuhan sang suami.

Ia bahkan tidak selalu membuat suatu fantasi seksual, hanya membayangkan dan "menyuruh" dirinya untuk orgasme sehingga tubuhnya merespons. Semakin sering kita melakukannya, menurutnya semakin baik. Jill merasa lebih mampu mengontrol seksualitasnya sendiri.

Meskipun demikian, dari pengujian para peneliti dan pengalaman perempuan seperti Jill, dapat disimpulkan bahwa seksualitas bagi perempuan lebih rumit dan lebih menguras emosi daripada yang dibayangkan sebelumnya, demikian menurut Profesor Alan Riley, salah satu pakar seks terkenal di Inggris.

"(Untuk berhubungan seks) Ada banyak fokus pada tubuh dan respons fisik kita. Namun bagi banyak orang, dan khususnya perempuan, pikiran memainkan peran yang lebih penting," paparnya.

Hasil penelitian ini juga penting, karena meskipun orgasme adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, tetapi memahaminya dengan lebih baik jauh lebih penting. Orgasme pada perempuan, menurut Dr Komisaruk, adalah fenomena yang luar biasa. Saat orgasme, detak jantung perempuan berlipat ganda, sensitivitasnya pada rasa sakit berkurang, aliran darah ke otak meningkat, dan perasaan senang, bahagia, dan cinta juga meningkat.

"Memahami apa yang terjadi dalam otak kita ketika orgasme bisa membantu kita mengembangkan obat-obatan antidepresan dan penghilang rasa sakit yang lebih baik, selain juga meningkatkan kepuasan seksual," ungkapnya.
sumber: kompas.com
Diposkan oleh RADAR JAMBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar